PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 173633 PORSEA T.A 2022/2023

Siagian, Graldo Immanuel (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 173633 PORSEA T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1191111022_Cover.pdf] Text
1191111022_Cover.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 1191111022_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1191111022_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of 1191111022_Abstrak.pdf] Text
1191111022_Abstrak.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 1191111022_Kata_Pengantar.pdf] Text
1191111022_Kata_Pengantar.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 1191111022_Daftar_Isi.pdf] Text
1191111022_Daftar_Isi.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 1191111022_Daftar_Tabel.pdf] Text
1191111022_Daftar_Tabel.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 1191111022_Daftar_Gambar.pdf] Text
1191111022_Daftar_Gambar.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 1191111022_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1191111022_Daftar_Lampiran.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 1191111022_BAB_I.pdf] Text
1191111022_BAB_I.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 1191111022_BAB_V.pdf] Text
1191111022_BAB_V.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 1191111022_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1191111022_Daftar_Pustaka.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbantuan Wordwall terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di SD Negeri 173633 Porsea T.A 2022/2023. Populasi penelitian ini terdiri dari 48 Siswa yang terdiri 24 siswa kelas IV-A dan 24 siswa Kelas IV-B. Sampel penelitian menggunaka teknik Total Sampling jadi menggunakan seluruh jumlah populasi yang ada. Jenis penelitian berjenis quasi experimental design dengan menggunakan desain Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design . Sebelum pelaksanaan penelitian instrumen penelitian dilakukan pengujian yaitu uji validitas dan reliabilitas, setelah itu kedua kelas diberikan pretest sebelum dilakukan perlakuan, kelas eksperimen diberikan bantuan media wordwall dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional, setelah diberikan perlakuan yang berbeda kepada kedua kelas selanjutnya pemberian posttest (tes akhir). Sebelum dilakukan uji hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Setelah diterapkan media pembelajaran berbantuan wordwall diperoleh hasil belajar kepada kelas eksperimen yang diberikan bantuan media pembelajaran terdapat 10 siswa mendapatkan nilai dalam kategori sangat baik dengan persentase 41,66 %, 11 siswa mendapatkan nilai dalam kategori baik dengan persentase 45,83%, 3 siswa mendapatkan nilai dalam kategori cukup dengan persentase 12,50%, dan rata-rata nilai belajar siswa adalah 79,37. Dengan ketuntasan hasil belajar yang didapatkan sebesar 87,50 %

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil Belajar, Media Pembelajaran Wordwall
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 31 May 2024 09:08
Last Modified: 31 May 2024 09:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58269

Actions (login required)

View Item
View Item