PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN STIK DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA OPERASI HITUNG PERKALIAN DI KELAS LLL SD NEGERI 19 PANANGGANGAN

Hutagaol, Gian A.P. (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN STIK DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA OPERASI HITUNG PERKALIAN DI KELAS LLL SD NEGERI 19 PANANGGANGAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1193311161_Cover.pdf] Text
1193311161_Cover.pdf

Download (48kB)
[thumbnail of 1193311161_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193311161_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (469kB)
[thumbnail of 1193311161_Abstrak.pdf] Text
1193311161_Abstrak.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of 1193311161_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193311161_Kata_Pengantar.pdf

Download (306kB)
[thumbnail of 1193311161_Daftar_Isi.pdf] Text
1193311161_Daftar_Isi.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of 1193311161_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193311161_Daftar_Tabel.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of 1193311161_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193311161_Daftar_Gambar.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 1193311161_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193311161_Daftar_Lampiran.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 1193311161_BAB_I.pdf] Text
1193311161_BAB_I.pdf

Download (529kB)
[thumbnail of 1193311161_BAB_V.pdf] Text
1193311161_BAB_V.pdf

Download (274kB)
[thumbnail of 1193311161_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193311161_Daftar_Pustaka.pdf

Download (145kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan, praktikalitas dan keefektifan dari media pembelajaran papan stik pada operasi hitung perkalian di kelas lll SD Negeri 19 Pananggangan. Jenis penelitian ini adalah R&D dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah 22 orang. Teknik pengumpulan data penelitian ini terdiri dari observasi, wawancara, angket dan tes. Adapun instrumen tes yang digunakan dalam penelitian ini meliputi instrumen wawancara, instrumen ahli ( media, materi), instrumen praktikalitas ( angket respon guru dan siswa) dan tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bagaimana kelayakan produk mendapatkan persentase 66% dan termasuk dalam kategori layak. Hasil praktikalitas produk mendapat persentase 94% dan termasuk dalam kategori praktis. Hail efektifitas produk mendapat persentase 80% dan termasuk dalam kategori efektif. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran papan stik dengan pendekatan saintifik pada operasi hitung perkalian di kelas lll dinyatakan layak, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Papan Stik, saintifik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 31 May 2024 08:36
Last Modified: 31 May 2024 08:36
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58267

Actions (login required)

View Item
View Item