PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRC TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA BERBAGAI PEKERJAAN KELAS IV SD SWASTA METHODIST-6

Saragih, Ermicha Gracesela (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRC TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA BERBAGAI PEKERJAAN KELAS IV SD SWASTA METHODIST-6. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1193111050_Cover.pdf] Text
1193111050_Cover.pdf

Download (68kB)
[thumbnail of 1193111050_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193111050_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (736kB)
[thumbnail of 1193111050_Abstrak.pdf] Text
1193111050_Abstrak.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of 1193111050_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193111050_Kata_Pengantar.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of 1193111050_Daftar_Isi.pdf] Text
1193111050_Daftar_Isi.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of 1193111050_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193111050_Daftar_Tabel.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of 1193111050_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193111050_Daftar_Gambar.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1193111050_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193111050_Daftar_Lampiran.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of 1193111050_BAB_I.pdf] Text
1193111050_BAB_I.pdf

Download (243kB)
[thumbnail of 1193111050_BAB_V.pdf] Text
1193111050_BAB_V.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 1193111050_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193111050_Daftar_Pustaka.pdf

Download (193kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CIRC terhadap hasil belajar siswa pada Tema berbagai pekerjaan kelas IV SD Swasta Methodist-6. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas IV SD Swasta Methodist-6 yang berjumlah 100 siswa. Sampel yang digunakan adalah kelas IVA 34 siswa eksperimen dan IVC 34 siswa kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah adalah tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat pengaruh Model pembelajaran CIRC terhadap hasil belajar siswa pada Tema berbagai pekerjaan kelas IV SD Swasta Methodist-6. Hal ini dapat terlihat dari perbedaan hasil nilai rata-rata post-test kelas Eksperimen yaitu 78,9 dan kelas kontrol 62,6. Hal ini terbukti dari hasil uji hipotesis yang diperoleh nilai signifikan yaitu 0,05 yaitu t hitung < t tabel, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil post-test kelas eksperimen yang menggunakan Model Pembelajaran CIRC dan kelas Kontrol yang menggunakan model konvensional

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 31 May 2024 01:32
Last Modified: 31 May 2024 01:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58261

Actions (login required)

View Item
View Item