Konsep Mitigasi Bencana Alam Pada Tradisi Lisan Smong Sebagai Buku cerita anak untuk Sekolah Dasar

Husna, Fauziah (2023) Konsep Mitigasi Bencana Alam Pada Tradisi Lisan Smong Sebagai Buku cerita anak untuk Sekolah Dasar. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8196191004_Cover.pdf] Text
8196191004_Cover.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 8196191004_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8196191004_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 8196191004_Abstrak.pdf] Text
8196191004_Abstrak.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of 8196191004_Kata_Pengantar.pdf] Text
8196191004_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8196191004_Daftar_Isi.pdf] Text
8196191004_Daftar_Isi.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 8196191004_Daftar_Tabel.pdf] Text
8196191004_Daftar_Tabel.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of 8196191004_Daftar_Gambar.pdf] Text
8196191004_Daftar_Gambar.pdf

Download (101kB)
[thumbnail of 8196191004_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8196191004_Daftar_Lampiran.pdf

Download (132kB)
[thumbnail of 8196191004_BAB_I.pdf] Text
8196191004_BAB_I.pdf

Download (263kB)
[thumbnail of 8196191004_BAB_V.pdf] Text
8196191004_BAB_V.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of 8196191004_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8196191004_Daftar_Pustaka.pdf

Download (275kB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan buku cerita anak ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan buku cerita anak tentang mitigasi bencana alam tsunami (Smong), mengetahui kelayakan dan keefektivan buku cerita anak yang dikembangkan untuk murid kelas 5 Sekolah Dasar. Produk hasil penelitian ini adalah produk yang berbentuk buku cerita anak yang bermuatan tentang mitigasi bencana alam tsunami yang bersumber dari tradi lisan Simeulue berjudul “Smong”, dengan judul buku cerita “Lari! Ada Smong!”. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Penjelasan tentang proses pengembangan buku cerita anak yang dikembangkan; 2) Deskripsi penilaian kelayakan pengembangan buku cerita anak, yang diambil dari penilaian kedua validator ahli: validator ahli isi materi dan validator desain. Persentase penilaian dari validator isi materi berjumlah 86,5% dengan kategori “Sangat Baik”, dan validator desain berjumlah 90.4% dengan kategori “Sangat Baik”; 3) Deskripsi penilaian keefektivan yang diambil dari pretest dan posttest, dengan hasil nilai rata-rata pretest 80,5 dan posttest 93,8, dan selisih kedua nilai ialah 13,3, rata-rata nilai N-Gain ialah 0,68 dengan kriteria “Sedang” karena tidak melebihi dari nilai antara 0,3 dan 0,7, dapat menjelaskan bahwa produk yang dikembangkan efektif. Implikasi penelitian ini adalah buku cerita anak yang dikembangkan dapat memberikan manfaat untuk siswa sebagai buku cerita anak sehari-hari dan menjadi pengetahuan umum dan bagi masyarakat sebagai alat untuk mengetahui informasi dalam evakuasi bencana alam tsunami.

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords: 899.221 Hus p
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P301 Style. Composition. Rhetoric
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 30 May 2024 22:57
Last Modified: 30 May 2024 22:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58252

Actions (login required)

View Item
View Item