Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Menngkatkan Hasil Belajar Bahasa Mandarin di Kelas XI SMA Santo Thomas 1 Medan

Munthe, Elisabeth (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Menngkatkan Hasil Belajar Bahasa Mandarin di Kelas XI SMA Santo Thomas 1 Medan. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8196121001_Cover.pdf] Text
8196121001_Cover.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 8196121001_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8196121001_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (322kB)
[thumbnail of 8196121001_Abstrak.pdf] Text
8196121001_Abstrak.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of 8196121001_Kata_Pengantar.pdf] Text
8196121001_Kata_Pengantar.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of 8196121001_Daftar_Isi.pdf] Text
8196121001_Daftar_Isi.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 8196121001_Daftar_Tabel.pdf] Text
8196121001_Daftar_Tabel.pdf

Download (58kB)
[thumbnail of 8196121001_Daftar_Gambar.pdf] Text
8196121001_Daftar_Gambar.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of 8196121001_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8196121001_Daftar_Lampiran.pdf

Download (56kB)
[thumbnail of 8196121001_BAB_I.pdf] Text
8196121001_BAB_I.pdf

Download (324kB)
[thumbnail of 8196121001_BAB_V.pdf] Text
8196121001_BAB_V.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 8196121001_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8196121001_Daftar_Pustaka.pdf

Download (146kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya variasi media pembelajarandan rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran bahasa Mandarin. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktifyang layak dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Santo Thomas 1 Medan.Jenis penelitian yang digunakan adalah model pengembangan dari Borg and Gall. Adapun instrumen penelitian yang digunakan yaitu berupa angket kebutuhan awal, angket validasi ahli materi, ahli media dan angket tanggapan siswa. Penelitian ini juga menggunakan teknik analisis data kuantitatif (data penilaian angket kelayakan dan efektifitas produk) dan data kualitatif (data observasi dan dokumentasi). Hasil validasi produk menunjukkan persentase skor sebesar 88,23% untuk validasi ahli materi, 89,41% untuk validasi ahli media, 90% untuk validasi ahli desain dan 94,31% untuk hasil tanggapan siswa. Hasil uji normalitas dan homogenitas penunjukan bahwa data penelitian telah dinyatakan normal dan homogen. Hasil uji hipotesis menunjukkan perolehan nilai t hitungyaitu1,89dan nilai t tabelyaitu 1,66, dimana t hitung> t tabel. Perolehan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis multimedia interaktifini efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Santo Thomas 1 Medan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.22 Mun p
Keywords: Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif, Bahasa Mandarin.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 30 May 2024 14:18
Last Modified: 30 May 2024 14:20
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58246

Actions (login required)

View Item
View Item