Lestari, Citra (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Terhadap Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1192411004_Cover.pdf
Download (7MB)
1192411004_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (7MB)
1192411004_Abstrak.pdf
Download (7MB)
1192411004_Kata_Pengantar.pdf
Download (7MB)
1192411004_Daftar_Isi.pdf
Download (7MB)
1192411004_Daftar_Gambar.pdf
Download (7MB)
1192411004_Daftar_Tabel.pdf
Download (7MB)
1192411004_Daftar_Lampiran.pdf
Download (7MB)
1192411004_BAB_I.pdf
Download (7MB)
1192411004_BAB_V.pdf
Download (7MB)
1192411004_Daftar_Pustaka.pdf
Download (7MB)
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran yang dilakukan di kelas V SD Negeri 104203 Bandar Khalipah belum sepenuhnya memberi kesempatan kepada siswa dalam mengkonstruksikan dan mengkomunikasikan ide, gagasan, atau pendapatnya secara lisan maupun tulisan, pada muatan IPS materi “Proses Kedatangan Bangsa Eropa ke Indonesia” T.A. 2022/2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think talk write terhadap keterampilan komunikasi siswa kelas V SD Negeri 104203 Bandar Khalipah. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan
menggunakan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 104203 Bandar Khalipah yang terdiri dari kelas VA 34 siswa, VB 32 siswa, dan VC 32 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VA sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 34 orang siswa dan kelas VC sebagai kelas kontrol sebanyak 32 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes dan
non tes berupa lembar observasi, pedoman wawancara, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata tes keterampilan komunikasi siswa dengan model kooperatif tipe think talk write sebesar 17,47, sedangkan pembelajaran dengan metode konvensional yaitu 9,44. Selain itu, hasil perhitungan hipotesis dengan menggunakan uji t, diperoleh hasil thitung = 4,86 > ttabel = 1,67, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya, terdapat pengaruh positif yang signifikan
antara penggunaan model kooperatif tipe think talk write terhadap keterampilan komunikasi siswa kelas V SD Negeri 104203 Bandar Khalipah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Keterampilan Komunikasi Siswa; Model Kooperatif Tipe Think Talk Write; dan Quasi Experimental Design. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 31 May 2024 01:46 |
Last Modified: | 31 May 2024 01:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58244 |