Nasution, Eni Sumanti (2016) EFEK MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING DAN PENALARAN FORMAL TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8146176003 Cover.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
2. NIM 8146176003 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
3. NIM 8146176003 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
4. NIM 8146176003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
5. NIM 8146176003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
6. NIM 8146176003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
7. NIM 8146176003 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
8. NIM 8146176003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
9. NIM 8146176003 BAB I.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
13. NIM 8146176003 BAB V.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
14. NIM 8146176003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : (1) keterampilan proses sains siswa dengan menggunakan pembelajaran inquiry training lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori, (2) keterampilan proses sains siswa pada kelompok siswa yang mempunyai penalaran formal diatas rata-rata lebih baik dibandingkan kelompok siswa yang mempunyai penalaran formal dibawah rata-rata, dan (3) interaksi antara model pembelajaran inquiry training dan pembelajaran ekspositori dengan penalaran formal dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa.
Penelitian merupakan penelitian eksperimen dengan quasi eksperimen dengan desain two group pretes-postest desaign. Populasi Penelitian ini adalah siswa kelas X SMA IT Al-Fityan School Medan. Pemilihan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Sampel dibagi dalam dua kelas, kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran inquiry training dan kelas kontrol diajarkan dengan pembelajaran ekspositori. Instrumen penelitian ini menggunakan tes keterampilan proses sains dalam bentuk observasi dan tes penalaran formal dalam bentuk uraian serta telah dinyatakan valid dan reliabel. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan ANAVA dua jalur.
Hasil penelitian melalui analisis uji hipotesis bahwa ada perbedaan nilai signifikan yang positif antara efek model pembelajaran, penalaran formal terhadap keterampilan proses sains dan efek model pembelajaran dengan penalaran formal terhadap keterampilan proses sains siswa. Kesimpulan menunjukkan bahwan: (1) model pembelajaran inquiry training lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori, (2) keterampilan proses sains siswa pada kelompok siswa dengan penalaran diatas rata-rata lebih baik dibandingkan dengan kelompok siswa dengan penalaran formal dibawah rata-rata, dan (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran inquiry training dan penalaran formal dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 2 Nas e |
Keywords: | Model pembelajaran; Pembelajaran ekspositori; Sains; Teori belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 16 Jun 2016 06:35 |
Last Modified: | 16 Jun 2016 06:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5823 |