Pratiwi, Nanda Nadhia (2016) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU GIZI DI SMK PUTRA ANDA BINJAI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5103342020 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM. 5103342020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (487kB) | Preview
3. NIM. 5103342020 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
4. NIM. 5103342020 PREFACE.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
5. NIM. 5103342020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
6. NIM. 5103342020 TABLES.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
7. NIM. 5103342020 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
11. NIM. 5103342020 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
12. NIM. 5103342020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar mata pelajaran Ilmu Gizi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2015. Lokasi penelitian di kelasX SMK Putra Anda Binjai
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskripstif. Populasi penelitian adalah siswa SMK kelas X sebanyak 35 orang. Sampel dalam penelitian ini menggunakan Total Sampling yaitu berjumlah 35 orang siswa. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji kecenderungan dan perhitungan persentase.
Hasil perhitungan menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar mata pelajaran ilmu gizi dikategorikan cenderung cukup, dimana nilai rata-rata lebih besar dari nilai rata-rata ideal (98,86 > 90). Dari hasil analisis menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar mata pelajaran ilmu gizi berdasarkan faktor intern pada indikator motivasi sebesar 68,6% usaha siswa dan sebesar 81,3% tujuan siswa. Untuk faktor minat sebanyak 75,9% siswa memiliki perhatian yang baik dalam belajar, sebanyak 70% siswa yang memiliki perilaku yang baik dan sebanyak 75,6% siswa yang senang dalam mengikuti pelajaran. Untuk faktor kemampuan kognitif diperoleh sebanyak 78% siswa yang memiliki kemampuan kognitif yang baik tentang ilmu gizi. Untuk faktor kesiapan siswa sebanyak 67,4% siswa yang memiliki kesiapan untuk membaca dan mengulang materi mengenai ilmu gizi. Berdasarkan faktor ekstern pada indikator fasilitas sebanyak 71% siswa yang mendapatkan fasilitas baik dari orang tua maupun sekolah. Untuk faktor metode mengajar guru sebanyak 73,3% siswa selalu mengerjakan tugas rumah yang diberikan oleh guru. Untuk faktor perhatian orang tua sebanyak 75% siswa yang mendapatkan perhatian yang baik dari orang tua. Untuk media masa sebanyak 70,2% siswa yang sering memanfaatkan media masa dalam mempengaruhi kegiatan belajarnya baik di rumah maupun di sekolah. Faktor internal yang paling dominan dalam mempengaruhi hasil belajar siswa adalah faktor motivasi belajar sebesar 81,3%. Sedangkan dari faktor eksternal adalah perhatian orang tua sebesar 75% Dari hasil rata-rata keseluruhan menunjukkan bahwa faktor internal siswa merupakan faktor yang paling berperan dalam mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu gizi yaitu sebesar 73,8%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BOGA 006 |
Keywords: | Motivasi; Minat; Media Masa;Fasilitas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TX Home economics > TX341 Nutrition. Foods and food supply |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Jun 2016 06:28 |
Last Modified: | 16 Jun 2016 06:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5822 |