Setiadi, Herman (2023) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar Listrik Dan Elektronika. Masters thesis, UNIMED.
8196122006_Cover.pdf
Download (62kB)
8196122006_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (4MB)
8196122006_Abstrak.pdf
Download (198kB)
8196122006_Kata_Pengantar.pdf
Download (678kB)
8196122006_Daftar_Isi.pdf
Download (157kB)
8196122006_Daftar_Tabel.pdf
Download (129kB)
8196122006_Daftar_Gambar.pdf
Download (130kB)
8196122006_Daftar_Lampiran.pdf
Download (101kB)
8196122006_BAB_I.pdf
Download (496kB)
8196122006_BAB_V.pdf
Download (156kB)
8196122006_Daftar_Pustaka.pdf
Download (224kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk (1) Mengetahui kelayakan multimedia interaktif berbasis project based learning dalam meningkatkan hasil belajar dasar listrik dan elektronika.(2) Mengetahui keefektifan kelayakan multimedia interaktif berbasis project based learning dalam meningkatkan hasil belajar dasar listrik dan elektronika. Jenis Penelitian ini adalah penelitian R & D dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Adapun subjek dari penelitian ini terdiri dari dua orang ahli materi, dua orang ahli media pembelajaran, dua orang ahli desain pembelajaran, dan siswa kelas X SMK Negeri 1 Bandar Masilam yang berjumlah 50 orang. Sebagai objek dalam penelitian ini respon siswa terhadap media pembelajaran dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan (1) uji ahli materi pembelajaran berada pada klasifikasi sangat baik (90%), (2) uji ahli media pembelajaran berada pada klasifikasi sangat baik (89,2%), (3) uji ahli desain pembelajaran berada pada klasifikasi sangat baik ( 92,2%). Berdasarkan hasil tes belajar diketahui rata-rata nilai kelas kontrol sebesar 77,23 dan kelas eksperimen sebesar 88,37 dan kedua kelas memiliki selisih nilai sebesar 11,14. Hasil Pengajuan Hipotesis membuktikan bahwa (1) multimedia interaktif berbasis project based learning layak digunakan (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan multimedia interaktif berbasis project based learning dengan hasil belajar siswa yang menggunakan buku teks. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengolahan data pada hasil posttest diproleh harga t hitung = 6,63 Pada taraf signifikan (α = 0,05) dengan dk 48 diperoleh ttabel = 1,648 sehingga thitung > ttabel. Efektivitas rata-rata hasil belajar pada penggunaan multimedia interaktif berbasis project based learning sebesar 73 %, Sedangkan Kelompok siswa yang tidak menggunakan media sebesar 36%. Dari data ini membuktikan bahwa penggunaan multimedia interaktif berbasis project based learning lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan kompetensi siswa pada pembelajaran dasar listrik dan elektronika daripada tanpa menggunakan multimedia interaktif berbasis project based learning .
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 621.3 Set p |
Keywords: | Multimedia Interaktif. Project Based Learning. Dasar Listrik. Elektronika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7800 Electronics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 30 May 2024 08:18 |
Last Modified: | 30 May 2024 08:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58218 |