Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar Listrik Dan Elektronika

Setiadi, Herman (2023) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar Listrik Dan Elektronika. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8196122006_Cover.pdf] Text
8196122006_Cover.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 8196122006_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8196122006_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 8196122006_Abstrak.pdf] Text
8196122006_Abstrak.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of 8196122006_Kata_Pengantar.pdf] Text
8196122006_Kata_Pengantar.pdf

Download (678kB)
[thumbnail of 8196122006_Daftar_Isi.pdf] Text
8196122006_Daftar_Isi.pdf

Download (157kB)
[thumbnail of 8196122006_Daftar_Tabel.pdf] Text
8196122006_Daftar_Tabel.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of 8196122006_Daftar_Gambar.pdf] Text
8196122006_Daftar_Gambar.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of 8196122006_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8196122006_Daftar_Lampiran.pdf

Download (101kB)
[thumbnail of 8196122006_BAB_I.pdf] Text
8196122006_BAB_I.pdf

Download (496kB)
[thumbnail of 8196122006_BAB_V.pdf] Text
8196122006_BAB_V.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of 8196122006_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8196122006_Daftar_Pustaka.pdf

Download (224kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk (1) Mengetahui kelayakan multimedia interaktif berbasis project based learning dalam meningkatkan hasil belajar dasar listrik dan elektronika.(2) Mengetahui keefektifan kelayakan multimedia interaktif berbasis project based learning dalam meningkatkan hasil belajar dasar listrik dan elektronika. Jenis Penelitian ini adalah penelitian R & D dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Adapun subjek dari penelitian ini terdiri dari dua orang ahli materi, dua orang ahli media pembelajaran, dua orang ahli desain pembelajaran, dan siswa kelas X SMK Negeri 1 Bandar Masilam yang berjumlah 50 orang. Sebagai objek dalam penelitian ini respon siswa terhadap media pembelajaran dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan (1) uji ahli materi pembelajaran berada pada klasifikasi sangat baik (90%), (2) uji ahli media pembelajaran berada pada klasifikasi sangat baik (89,2%), (3) uji ahli desain pembelajaran berada pada klasifikasi sangat baik ( 92,2%). Berdasarkan hasil tes belajar diketahui rata-rata nilai kelas kontrol sebesar 77,23 dan kelas eksperimen sebesar 88,37 dan kedua kelas memiliki selisih nilai sebesar 11,14. Hasil Pengajuan Hipotesis membuktikan bahwa (1) multimedia interaktif berbasis project based learning layak digunakan (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan multimedia interaktif berbasis project based learning dengan hasil belajar siswa yang menggunakan buku teks. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengolahan data pada hasil posttest diproleh harga t hitung = 6,63 Pada taraf signifikan (α = 0,05) dengan dk 48 diperoleh ttabel = 1,648 sehingga thitung > ttabel. Efektivitas rata-rata hasil belajar pada penggunaan multimedia interaktif berbasis project based learning sebesar 73 %, Sedangkan Kelompok siswa yang tidak menggunakan media sebesar 36%. Dari data ini membuktikan bahwa penggunaan multimedia interaktif berbasis project based learning lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan kompetensi siswa pada pembelajaran dasar listrik dan elektronika daripada tanpa menggunakan multimedia interaktif berbasis project based learning .

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 621.3 Set p
Keywords: Multimedia Interaktif. Project Based Learning. Dasar Listrik. Elektronika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7800 Electronics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 30 May 2024 08:18
Last Modified: 30 May 2024 08:20
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58218

Actions (login required)

View Item
View Item