PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REACT MENGGUNAKAN MEDIA MINIATUR 3D UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS V SDN 101771 TEMBUNG

Panjaitan, Diva Gabriella (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REACT MENGGUNAKAN MEDIA MINIATUR 3D UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS V SDN 101771 TEMBUNG. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1193311117_Cover.pdf] Text
1193311117_Cover.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of 1193311117_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193311117_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (939kB)
[thumbnail of 1193311117_Abstrak.pdf] Text
1193311117_Abstrak.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of 1193311117_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193311117_Kata_Pengantar.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of 1193311117_Daftar_Isi.pdf] Text
1193311117_Daftar_Isi.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of 1193311117_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193311117_Daftar_Tabel.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of 1193311117_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193311117_Daftar_Gambar.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of 1193311117_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193311117_Daftar_Lampiran.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of 1193311117_BAB_I.pdf] Text
1193311117_BAB_I.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of 1193311117_BAB_V.pdf] Text
1193311117_BAB_V.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of 1193311117_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193311117_Daftar_Pustaka.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) menggunakan media miniatur 3D untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa di kelas V SDN 101771 Tembung. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi eksperimental dengan two group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah seluruh kelas V yang berjumlah 60 siswa. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 2 kelas yaitu Kelas V-A sebagai kelas eksperimen dengan penerapan model REACT berbantuan media Miniatur 3D dan V-B sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran Direct Instruction metode ceramah. Tehnik pengumpulan data penelitian ini melalui tes sebanyak 20 soal berpikir kreatif pilihan berganda, angket siswa dan lembar observasi guru. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata skor antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata kelompok eksperimen sebesar 83,17, sedangkan kelompok kontrol memperoleh nilai rata-rata 69,67. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis menggunakan uji Independent Samples T-test yang menghasilkan nilai signifikansi (2-tailed) < 0,05. Oleh karena itu H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran REACT berbantuan Miniatur 3D berpengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V SDN 101771 Tembung

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: REACT, Keterampilan Berpikir Kreatif, Miniatur 3D
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 30 May 2024 06:23
Last Modified: 30 May 2024 06:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58207

Actions (login required)

View Item
View Item