Pengembangan Media Pop-up Book Pada Materi Bangun Ruang Untuk Siswa Kelas IV SD Negeri 121309 Gurilla Pematangsiantar

Sirait, Ayu Roselita (2023) Pengembangan Media Pop-up Book Pada Materi Bangun Ruang Untuk Siswa Kelas IV SD Negeri 121309 Gurilla Pematangsiantar. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1192411028_Cover.pdf] Text
1192411028_Cover.pdf

Download (40kB)
[thumbnail of 1192411028_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1192411028_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (518kB)
[thumbnail of 1192411028_Abstrak.pdf] Text
1192411028_Abstrak.pdf

Download (370kB)
[thumbnail of 1192411028_Kata_Pengantar.pdf] Text
1192411028_Kata_Pengantar.pdf

Download (451kB)
[thumbnail of 1192411028_Daftar_Isi.pdf] Text
1192411028_Daftar_Isi.pdf

Download (281kB)
[thumbnail of 1192411028_Daftar_Gambar.pdf] Text
1192411028_Daftar_Gambar.pdf

Download (226kB)
[thumbnail of 1192411028_Daftar_Tabel.pdf] Text
1192411028_Daftar_Tabel.pdf

Download (227kB)
[thumbnail of 1192411028_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1192411028_Daftar_Lampiran.pdf

Download (227kB)
[thumbnail of 1192411028_BAB_I.pdf] Text
1192411028_BAB_I.pdf

Download (628kB)
[thumbnail of 1192411028_BAB_V.pdf] Text
1192411028_BAB_V.pdf

Download (396kB)
[thumbnail of 1192411028_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1192411028_Daftar_Pustaka.pdf

Download (531kB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran Pop-up book pada materi Bangun Ruang untuk siswa kelas IV SD Negeri 121309 Gurilla Pematangsiantar. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu pengembangan atau yang
biasa disebut dengan R&D (Reseacrh and Development) dengan menggunakan model 4D (Four D) yang terdiri dari 4 tahap yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran). Subjek
dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 121309 Gurilla Pematangsiantar yang berjumlah 18. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa validasi ahli materi diperoleh hasil persentase sebesar 92% dengan kategori “sangat layak”, validasi ahli media diperoleh hasil persentase sebesar 90,66%
dengan kategori “sangat layak”, validasi kepraktisan diperoleh hasil persentase sebesar 93,33% kategori “sangat layak” dan pada uji keefektifan dengan memberikan soal tes kepada siswa diperoleh persentase keefektifan sebesar 83,05
dengan kategori efektif. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran popup book pada materi bangun ruang untuk siswa kelas IV SD Negeri 121309 Gurilla Pematangsiantar, sangat layak, praktis dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran; Pop-up Book; Matematika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 30 May 2024 03:31
Last Modified: 30 May 2024 03:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58167

Actions (login required)

View Item
View Item