Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media PALUSIR Pada Tema 8 Subtema 1 Kelas V SDN 101783 Saentis T.A 2022/2023

Adilah, Asya (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media PALUSIR Pada Tema 8 Subtema 1 Kelas V SDN 101783 Saentis T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1192111010_Cover.pdf] Text
1192111010_Cover.pdf

Download (355kB)
[thumbnail of 1192111010_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1192111010_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (953kB)
[thumbnail of 1192111010_Abstrak.pdf] Text
1192111010_Abstrak.pdf

Download (352kB)
[thumbnail of 1192111010_Kata_Pengantar.pdf] Text
1192111010_Kata_Pengantar.pdf

Download (373kB)
[thumbnail of 1192111010_Daftar_Isi.pdf] Text
1192111010_Daftar_Isi.pdf

Download (304kB)
[thumbnail of 1192111010_Daftar_Gambar.pdf] Text
1192111010_Daftar_Gambar.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of 1192111010_Daftar_Tabel.pdf] Text
1192111010_Daftar_Tabel.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 1192111010_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1192111010_Daftar_Lampiran.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of 1192111010_BAB_I.pdf] Text
1192111010_BAB_I.pdf

Download (514kB)
[thumbnail of 1192111010_BAB_V.pdf] Text
1192111010_BAB_V.pdf

Download (350kB)
[thumbnail of 1192111010_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1192111010_Daftar_Pustaka.pdf

Download (379kB)

Abstract

Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan media papan siklus air (PALUSIR) terhadap hasil belajar siswa pada kelas V SDN 101783 Saentis T.A 2022/2023. Jenis penelitian ini eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian adalah non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 101783 Saentis yang berjumlah 42 orang, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas VA dengan jumlah siswa 21 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VB dengan jumlah siswa 21 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Hasil perhitungan uji-t menunjukkan bahwa nilai signifikan sig (2-tailed) sebesar 0,002 < 0,05 dan perolehan thitung (3,285) > ttabel (2,021) pada taraf signifikan α = 0,05. Dengan demikian hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran problem based learning menggunakan media papan siklus air terhadap hasil belajar siswa pada tema 8 subtema 1 kelas V SDN 101783 Saentis T.A 2022/2023

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: problem based learning; media PALUSIR; hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 30 May 2024 01:55
Last Modified: 30 May 2024 01:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58154

Actions (login required)

View Item
View Item