Penerapan Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Tujuh Di Kelas V SD Negeri 091355 Urung Panei T.A. 2022/2023

Lestari, Ardilla Indah (2023) Penerapan Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Tujuh Di Kelas V SD Negeri 091355 Urung Panei T.A. 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1193311001_Cover.pdf] Text
1193311001_Cover.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of 1193311001_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193311001_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1193311001_Abstrak.pdf] Text
1193311001_Abstrak.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of 1193311001_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193311001_Kata_Pengantar.pdf

Download (272kB)
[thumbnail of 1193311001_Daftar_Isi.pdf] Text
1193311001_Daftar_Isi.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of 1193311001_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193311001_Daftar_Gambar.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of 1193311001_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193311001_Daftar_Tabel.pdf

Download (95kB)
[thumbnail of 1193311001_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193311001_Daftar_Lampiran.pdf

Download (95kB)
[thumbnail of 1193311001_BAB_I.pdf] Text
1193311001_BAB_I.pdf

Download (400kB)
[thumbnail of 1193311001_BAB_V.pdf] Text
1193311001_BAB_V.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of 1193311001_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193311001_Daftar_Pustaka.pdf

Download (242kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 7 subtema 1 materi perubahan wujud benda dengan penerapan model pembelajaran scramble berbantuan power point di kelas V SD. Jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari tiga tahap kegiatan pra tindakan, siklus I, dan Siklus II. Subjek penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 091355
Urung Panei yang berjumlah 21 orang siswa, terdiri dari 13 orang siswa perempuan dan 8 siswa laki-laki. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil tes awal (pretest)
diperoleh hasil belajar siswa dengan rata-rata 55,23 dengan persentase tingkat ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 23%. Pada Siklus I diperoleh hasil belajar siswa dengan rata-rata 67,85 dengan persentase tingkat ketuntasan hasil
belajar siswa sebesar 52% dan pada Siklus II diperoleh hasil belajar siswa dengan rata-rata 85,23 dengan persentase tingkat ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 86%. Hal ini mengalami peningkatan dari Siklus I ke Siklus II sebesar 34%. Maka dengan hasil ini target yang ingin dicapai dari siswa yang memperoleh nilai KKM = 70 mencapai 86% dapat dicapai. Hasil penelitian di atas membuktikan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran scramble dapat meningkatkan hasil
belajar siswa pada materi perubahan wujud benda di kelas V SDN 091355 Urung Panei.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran Scramble; Power Point; Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 30 May 2024 01:33
Last Modified: 30 May 2024 01:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58151

Actions (login required)

View Item
View Item