Pane, Nurjamilah (2016) EFEK MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA PHET DAN MOTIVASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA SISWA MA ULUMUL QURAN. Masters thesis, UNIMED.
1.NIM 8146176013 COVER.pdf - Published Version
Download (24kB) | Preview
2. NIM 8146176013 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
3. NIM 8146176013 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
4. NIM 8146176013 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
5. NIM 8146176013 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
6. NIM 8146176013 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
7. NIM 8146176013 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
8. NIM 8146176013 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
9. NIM 8146176013 BAB I.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
13. NIM 8146176013 BAB V.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
14. NIM 8146176013 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah fisika siswa yang dibelajarkan dengan model problem based learning menggunakan media PhET lebih baik dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional, kemampuan pemecahan masalah fisika siswa pada kelompok siswa yang memiliki motivasi di atas rata-rata lebih baik dibandingkan dengan kelompok siswa yang memiliki motivasi di bawah rata-rata dan interaksi antara model problem based learning menggunakan media PhET dan motivasi dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA MA Ulumul Quran Langsa. Pemilihan sampel dilakukan secara cluster random sampling yaitu kelas XI IPA1 dan XI IPA5. Instrumen penelitian ini menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah dalam bentuk uraian dan tes motivasi belajar dalam bentuk angket. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah fisika siswa yang dibelajarkan dengan model problem based learning menggunakan media PhET lebih baik dibandingkan dengan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional, kemampuan pemecahan masalah fisika siswa pada kelompok siswa yang memilki motivasi di atas rata-rata lebih baik dibandingkan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa pada kelompok siswa yang memiliki motivasi di bawah rata-rata dan ada interaksi antara model problem based learning menggunakan media PhET dan motivasi dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 2 Pan e |
Keywords: | Model pembelajaran; Problem based learning; Motivasi belajar; Fisika siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 16 Jun 2016 04:27 |
Last Modified: | 16 Jun 2016 04:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5813 |