PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA QUESTION CARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI TEMA 3 SUBTEMA 3 DI SD NEGERI 0701 ROTAN SOGO

Lubis, Ahmad Salim (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA QUESTION CARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI TEMA 3 SUBTEMA 3 DI SD NEGERI 0701 ROTAN SOGO. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1193311110_Cover.pdf] Text
1193311110_Cover.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of 1193311110_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193311110_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (335kB)
[thumbnail of 1193311110_Abstrak.pdf] Text
1193311110_Abstrak.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of 1193311110_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193311110_Kata_Pengantar.pdf

Download (245kB)
[thumbnail of 1193311110_Daftar_Isi.pdf] Text
1193311110_Daftar_Isi.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 1193311110_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193311110_Daftar_Tabel.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 1193311110_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193311110_Daftar_Gambar.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1193311110_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193311110_Daftar_Lampiran.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1193311110_BAB_I.pdf] Text
1193311110_BAB_I.pdf

Download (343kB)
[thumbnail of 1193311110_BAB_V.pdf] Text
1193311110_BAB_V.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of 1193311110_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193311110_Daftar_Pustaka.pdf

Download (138kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Penggunaan model Problem Based Learning berbantuan media Question Card terhadap hasil belajar siswa kelas VI Teman 3 Subtema 3 Di SD Negeri0701 Rotan Sogo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen (eksperimen semu). Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VI A dan VI B yang berjumlah 42 siswa yang diambil dengan menggunakan tehnik sampel jenuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Kemudian penelitian ini menggunakan desain penelitian pre-test dan post-test control group design, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pada penelitian ini terdapat dua kelas yang diteliti yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model Problem-Based Learning berbantuan media Question Card dan kelas kontrol dengan model konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Pada penelitian ini terdapat dua kelas yang diteliti yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model Problem-Based Learning berbantuan media Question Card dan kelas kontrol dengan model konvensional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Dari data hasil uji statistik disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya model Problem-Based Learning berbantuan media media question card memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VI Tema 3 Subtema 3 Di SD Negeri 0701 Rotan Sogo dan hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar di kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Problem Based Learning, Question Card, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 29 May 2024 03:26
Last Modified: 29 May 2024 03:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58125

Actions (login required)

View Item
View Item