Lubis, Ahmad Salim (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA QUESTION CARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI TEMA 3 SUBTEMA 3 DI SD NEGERI 0701 ROTAN SOGO. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1193311110_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193311110_Cover.pdf
Download (122kB)
![[thumbnail of 1193311110_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193311110_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (335kB)
![[thumbnail of 1193311110_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193311110_Abstrak.pdf
Download (141kB)
![[thumbnail of 1193311110_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193311110_Kata_Pengantar.pdf
Download (245kB)
![[thumbnail of 1193311110_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193311110_Daftar_Isi.pdf
Download (86kB)
![[thumbnail of 1193311110_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193311110_Daftar_Tabel.pdf
Download (111kB)
![[thumbnail of 1193311110_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193311110_Daftar_Gambar.pdf
Download (110kB)
![[thumbnail of 1193311110_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193311110_Daftar_Lampiran.pdf
Download (110kB)
![[thumbnail of 1193311110_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193311110_BAB_I.pdf
Download (343kB)
![[thumbnail of 1193311110_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193311110_BAB_V.pdf
Download (128kB)
![[thumbnail of 1193311110_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193311110_Daftar_Pustaka.pdf
Download (138kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Penggunaan model Problem Based Learning berbantuan media Question Card terhadap hasil belajar siswa kelas VI Teman 3 Subtema 3 Di SD Negeri0701 Rotan Sogo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen (eksperimen semu). Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VI A dan VI B yang berjumlah 42 siswa yang diambil dengan menggunakan tehnik sampel jenuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Kemudian penelitian ini menggunakan desain penelitian pre-test dan post-test control group design, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pada penelitian ini terdapat dua kelas yang diteliti yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model Problem-Based Learning berbantuan media Question Card dan kelas kontrol dengan model konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Pada penelitian ini terdapat dua kelas yang diteliti yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model Problem-Based Learning berbantuan media Question Card dan kelas kontrol dengan model konvensional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Dari data hasil uji statistik disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya model Problem-Based Learning berbantuan media media question card memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VI Tema 3 Subtema 3 Di SD Negeri 0701 Rotan Sogo dan hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar di kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Problem Based Learning, Question Card, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 29 May 2024 03:26 |
Last Modified: | 29 May 2024 03:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58125 |