PENGARUH KEGIATAN BERMAIN BOLA BOWLING TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK PANCA BUDI MEDAN T.A 2023/2024

Tarigan, Sri Handayani (2024) PENGARUH KEGIATAN BERMAIN BOLA BOWLING TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK PANCA BUDI MEDAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1193313028_Cover.pdf] Text
1193313028_Cover.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of 1193313028_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193313028_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (738kB)
[thumbnail of 1193313028_Abstrak.pdf] Text
1193313028_Abstrak.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of 1193313028_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193313028_Kata_Pengantar.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of 1193313028_Daftar_Isi.pdf] Text
1193313028_Daftar_Isi.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of 1193313028_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193313028_Daftar_Tabel.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of 1193313028_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193313028_Daftar_Gambar.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 1193313028_BAB_I.pdf] Text
1193313028_BAB_I.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of 1193313028_BAB_V.pdf] Text
1193313028_BAB_V.pdf

Download (232kB)
[thumbnail of 1193313028_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193313028_Daftar_Pustaka.pdf

Download (169kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat hasil kemampuan motorik kasar melalui penerapan permainan bola bowling pada anak-anak di TK Panca Budi Medan. Fokus penelitian ini adalah untuk memahami dampak positif permainan bola bowling terhadap perkembangan kemampuan motorik kasar pada anak usia 4-5 tahun di lembaga pendidikan tersebut. Metode penelitian yang dimanfaatkan yaitu quasi eksperimen berdesain one group pretest-posttest. Dalam penelitian ini, sampel meliputi 12 anak yang dipilih dari dua kelas dengan jumlah keseluruhan peserta didik sebanyak 30 anak. Variabel bebas yang diamati adalah partisipasi dalam kegiatan bermain bola bowling, sementara variabel dependent merupakan keterampilan motorik kasar anak-anak. Instrument pengumpulan data yang dipakai yaitu lembar observasi, serta uji coba instrumen dilakukan melalui tes berbentuk pernyataan dengan 12 pernyataan. Teknik analisis data yang diterapkan yakni uji Wilcoxon. Hasil penelitian membuktikan bahwasanya skor rata-rata kemampuan motorik kasar sebelum diberikan perlakuan adalah 9, berada dalam kategori cukup baik. Setelah diberikan perlakuan, nilai kemampuan motorik kasar anak mengalami peningkatan menjadi 21, berada dalam kategori sangat baik. Data ini mengindikasikan bahwa pembelajaran dengan menggunakan permainan bola bowling efektif dalam meningkatkan keterampilan motorik kasar anak-anak kelompok A pada TK Panca Budi Medan. Dengan hasil analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa nilai Jhitung < Jtabel, mengindikasikan bahwa ada pengaruh signifikant dari penggunaan permainan bola bowling pada kemampuan motorik kasar anak-anak kelompok A di TK Panca Budi Medan, sejalan dengan hipotesis penelitian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Anak Usia Dini, Bermain Bola Bowling, Kemampuan Motorik Kasar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 29 May 2024 03:12
Last Modified: 29 May 2024 03:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58119

Actions (login required)

View Item
View Item