PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK SAHABAT RINA MEDAN

Gulo, Irene Elfrida (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK SAHABAT RINA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1192413001_Cover.pdf] Text
1192413001_Cover.pdf

Download (43kB)
[thumbnail of 1192413001_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1192413001_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (374kB)
[thumbnail of 1192413001_Abstrak.pdf] Text
1192413001_Abstrak.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 1192413001_Kata_Pengantar.pdf] Text
1192413001_Kata_Pengantar.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of 1192413001_Daftar_Isi.pdf] Text
1192413001_Daftar_Isi.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of 1192413001_Daftar_Tabel.pdf] Text
1192413001_Daftar_Tabel.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 1192413001_Daftar_Gambar.pdf] Text
1192413001_Daftar_Gambar.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 1192413001_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1192413001_Daftar_Lampiran.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 1192413001_BAB_I.pdf] Text
1192413001_BAB_I.pdf

Download (422kB)
[thumbnail of 1192413001_BAB_V.pdf] Text
1192413001_BAB_V.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 1192413001_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1192413001_Daftar_Pustaka.pdf

Download (294kB)

Abstract

Dalam penelitian ini yang menjadi masalah adalah kemampuan membaca permulaan anak yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media flashcard terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di TK Sahabat Rina Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan dengan metode eksperimen (Quasi-experiment design) yang berbentuk The One Group Pretest-Postest Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik usia 5-6 tahun pada kelas B2 dengan jumlah sampel 20 anak di TK Sahabat Rina Medan. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes performance. Dari data analisis data pretest (sebelum perlakuan) memiliki skor rata-rata (mean) 26,90 dan data posttest (setelah perlakuan) memiliki skor rata-rata (mean) 37,95. Berdasarkan analisis data melalui uji hipotesis non parametrik maka diperoleh test statistic SPSS 25 yaitu 0,000. Maka dari itu dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan media flashcard memberikan pengaruh signifikan terhadapat kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di TK Sahabat Rina

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kemampuan Membaca Permulaan, Media Flashcard, Anak Usia 5-6 Tahun
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1140 Preschool education. Nursery schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 28 May 2024 08:54
Last Modified: 28 May 2024 08:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58079

Actions (login required)

View Item
View Item