ANALISIS PERAN GURU DALAM MENANGANI PERILAKU AGRESIF PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD AL-FATHUL HAQ

Rangkuti, Alsha Audhifah (2023) ANALISIS PERAN GURU DALAM MENANGANI PERILAKU AGRESIF PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD AL-FATHUL HAQ. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1192413013_Cover.pdf] Text
1192413013_Cover.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of 1192413013_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1192413013_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (731kB)
[thumbnail of 1192413013_Abstrak.pdf] Text
1192413013_Abstrak.pdf

Download (333kB)
[thumbnail of 1192413013_Kata_Pengantar.pdf] Text
1192413013_Kata_Pengantar.pdf

Download (359kB)
[thumbnail of 1192413013_Daftar_Isi.pdf] Text
1192413013_Daftar_Isi.pdf

Download (574kB)
[thumbnail of 1192413013_Daftar_Tabel.pdf] Text
1192413013_Daftar_Tabel.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of 1192413013_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1192413013_Daftar_Lampiran.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of 1192413013_BAB_I.pdf] Text
1192413013_BAB_I.pdf

Download (650kB)
[thumbnail of 1192413013_BAB_V.pdf] Text
1192413013_BAB_V.pdf

Download (246kB)
[thumbnail of 1192413013_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1192413013_Daftar_Pustaka.pdf

Download (463kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran yang dilakukan guru dalam menangani perilaku agresif pada anak usia 5-6 tahun di Paud Al-Fathul Haq. Perilaku agresif merupakan perilaku dengan kecenderungan kekerasan dimana perilaku ini dilakukan dengan tindakan verbal maupun nonverbal. Perilaku agresif ditunjukkan dengan berupa penyerangan seperti marah, mengejek, mencubit, memukul, menendang dan lainnya. Perilaku agresif terbagi menjadi lima yaitu perilaku agresi instrumental, agresi verbal, agresi fisik, agresi emosional, dan agresi konseptual. Peran guru dalam menangani perilaku agresif pada anak khususnya di lingkungan sekolah sangat penting dan berpengaruh terhadap perkembangan sosial emosional anak kedepannya. Adapun peran guru dalam menangani perilaku agresif anak dilakukan melalui lima peran yaitu sebagai korektor, sebagai inspirator, sebagai informator, sebagai motivator, dan sebagai fasilitator. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Analisis data yang digunakan yaitu dengan teknik triangulasi data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kecenderungan perilaku agresif yang dominan dilakukan anak ialah agresi instrumental, verbal, dan agresi fisik. Dalam menangani perilaku agresif anak guru berperan sebagai korektor yang menilai perilaku anak, sebagai inspirator dengan menjadi contoh bagi anak, sebagai informator dengan memberi informasi pada anak serta sebagai motivator yang memberi dorongan agar anak berperilaku baik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Perilaku Agresif, Peran Guru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 28 May 2024 08:34
Last Modified: 28 May 2024 08:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58072

Actions (login required)

View Item
View Item