Rangkuti, Alsha Audhifah (2023) ANALISIS PERAN GURU DALAM MENANGANI PERILAKU AGRESIF PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD AL-FATHUL HAQ. Undergraduate thesis, UNIMED.
1192413013_Cover.pdf
Download (225kB)
1192413013_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (731kB)
1192413013_Abstrak.pdf
Download (333kB)
1192413013_Kata_Pengantar.pdf
Download (359kB)
1192413013_Daftar_Isi.pdf
Download (574kB)
1192413013_Daftar_Tabel.pdf
Download (190kB)
1192413013_Daftar_Lampiran.pdf
Download (190kB)
1192413013_BAB_I.pdf
Download (650kB)
1192413013_BAB_V.pdf
Download (246kB)
1192413013_Daftar_Pustaka.pdf
Download (463kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran yang dilakukan guru dalam menangani perilaku agresif pada anak usia 5-6 tahun di Paud Al-Fathul Haq. Perilaku agresif merupakan perilaku dengan kecenderungan kekerasan dimana perilaku ini dilakukan dengan tindakan verbal maupun nonverbal. Perilaku agresif ditunjukkan dengan berupa penyerangan seperti marah, mengejek, mencubit, memukul, menendang dan lainnya. Perilaku agresif terbagi menjadi lima yaitu perilaku agresi instrumental, agresi verbal, agresi fisik, agresi emosional, dan agresi konseptual. Peran guru dalam menangani perilaku agresif pada anak khususnya di lingkungan sekolah sangat penting dan berpengaruh terhadap perkembangan sosial emosional anak kedepannya. Adapun peran guru dalam menangani perilaku agresif anak dilakukan melalui lima peran yaitu sebagai korektor, sebagai inspirator, sebagai informator, sebagai motivator, dan sebagai fasilitator. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Analisis data yang digunakan yaitu dengan teknik triangulasi data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kecenderungan perilaku agresif yang dominan dilakukan anak ialah agresi instrumental, verbal, dan agresi fisik. Dalam menangani perilaku agresif anak guru berperan sebagai korektor yang menilai perilaku anak, sebagai inspirator dengan menjadi contoh bagi anak, sebagai informator dengan memberi informasi pada anak serta sebagai motivator yang memberi dorongan agar anak berperilaku baik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Perilaku Agresif, Peran Guru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 28 May 2024 08:34 |
Last Modified: | 28 May 2024 08:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58072 |