Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline Berbasis Quantum Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Disposisi Matematis Siswa

Furqoni, Mizta Dwi Hafizah (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline Berbasis Quantum Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Disposisi Matematis Siswa. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8216171015_Cover.pdf] Text
8216171015_Cover.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of 8216171015_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8216171015_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (774kB)
[thumbnail of 8216171015_Abstrak.pdf] Text
8216171015_Abstrak.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of 8216171015_Kata_Pengantar.pdf] Text
8216171015_Kata_Pengantar.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of 8216171015_Daftar_Isi.pdf] Text
8216171015_Daftar_Isi.pdf

Download (203kB)
[thumbnail of 8216171015_Daftar_Tabel.pdf] Text
8216171015_Daftar_Tabel.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of 8216171015_Daftar_Gambar.pdf] Text
8216171015_Daftar_Gambar.pdf

Download (57kB)
[thumbnail of 8216171015_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8216171015_Daftar_Lampiran.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of 8216171015_BAB_I.pdf] Text
8216171015_BAB_I.pdf

Download (806kB)
[thumbnail of 8216171015_BAB_V.pdf] Text
8216171015_BAB_V.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 8216171015_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8216171015_Daftar_Pustaka.pdf

Download (295kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran articulate storyline berbasis quantum learning yang dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan disposisi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE dengan subjek penelitian 25 orang siswa/i kelas VIII-1 dan 25 orang siswa/i kelas VIII-2 di SMP Tunas Karya. Objek dalam penelitian ini adalah media pembelajaran articulate storyline berbasis quantum learning pada materi Kubus dan Balok. Kevalidan media pembelajaran yang dikembangkan ditinjau dari analisis hasil validitas media pembelajaran oleh para validator dengan nilai rata-rata total sebesar 3,67 (kriteria “valid”). Sementara itu, kepraktisan media pembelajaran dilihat dari skor observasi keterlaksanaan pembelajaran pada uji coba II yaitu sebesar 3,67 (kriteria “terlaksana dengan baik”). Keefektifan media pembelajaran ditinjau dari empat aspek yaitu ketuntasan klasikal, skor angket disposisi matematis, respon siswa, dan peningkatan kemampuan komunikasi dan disposisi matematis siswa. Adapun ketuntasan klasikal kemampuan komunikasi matematis siswa pada uji coba II sebesar 88% (22 siswa). Rata-rata skor angket disposisi matematis siswa yaitu sebesar 68,45 (kategori “sedang”). Rata-rata respon siswa pada uji coba II adalah 3,72 (kriteria “tertarik). Berdasarkan indeks gain ternormalisasi, diperoleh bahwa pada uji coba II terjadi peningkatan kemampuan komunikasi siswa sebesar 0,54 (kategori “sedang”) dan peningkatan disposisi matemematis siswa sebesar 0,41 (kategori “sedang”).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 511.807 2 Fur p
Keywords: Media Pembelajaran, Articulate Storyline, Quantum Learning, Kemampuan Komunikasi Matematis, Disposisi Matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 28 May 2024 07:53
Last Modified: 28 May 2024 07:53
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58068

Actions (login required)

View Item
View Item