Sofia, Maya (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Mobile Materi Sembilan Tari Wajib Melayu Dengan Menggunakan Model Blended Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Menari Siswa 2023. Masters thesis, UNIMED.
8216122006_Cover.pdf
Download (197kB)
8216122006_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (547kB)
8216122006_Abstrak.pdf
Download (215kB)
8216122006_Kata_Pengantar.pdf
Download (257kB)
8216122006_Daftar_Isi.pdf
Download (168kB)
8216122006_Daftar_Tabel.pdf
Download (168kB)
8216122006_Daftar_Gambar.pdf
Download (142kB)
8216122006_Daftar_Lampiran.pdf
Download (111kB)
8216122006_BAB_I.pdf
Download (602kB)
8216122006_BAB_V.pdf
Download (168kB)
8216122006_Daftar_Pustaka.pdf
Download (253kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) kelayakan media pembelajaran berbasis Aplikasi Mobile materi Sembilan Tari Wajib Melayu dengan menggunakan model Blended Learning. (2) mengetahui keefektifan media pembelajaran berbasis Aplikasi Mobile materi Sembilan Tari Wajib Melayu dengan menggunakan model Blended Learning. Jenis penelitian ini berbentuk R&D dengan menggunakan model pengembangan ASSURE oleh Smaldino, S., Lowther, D.,Mims, C., Rusell, J. Penelitian ini dilakukan pada kelas X SMA N 1 Sei Kepayang berjumlah 60 siswa. Subjek penelitian yaitu ahli materi, ahli media dan ahli desain dari dosen Universitas Negeri Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) uji ahli materi pembelajaran berada pada kriteria sangat baik (93,26%), (2) uji ahli media pembelajaran berada pada kriteria sangat baik (90,62%), (3) uji ahli desain pembelajaran berada pada kriteria sangat baik (89,62%). Hasil pengajuan Hipotesis dapat membuktikan bahwa (1) Media pembelajaran berbasis aplikasi Mobile materi Sembilan Tari Wajib Melayu dengan menggunakan Blended Learning layak digunakan (2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan menari siswa dengan menggunakan Aplikasi Mobile dengan keterampilan menari siswa dengan menggunakan Aplikasi berbasis Website Wordwall. Efektivitas rata-rata daru keterapilan menari siswa dalam menggunakan Aplikasi Mobile materi Sembilan Tari wajib Melayu dengan menggunakan model Blended Learning (Kelas Eksperimen) adalah 84,43% dan siswa yang menggunakan Aplikasi berbasis Website Wordwall (Kelas Kontrol) adalah 79,68%. Hasil posttest diperoleh harga Thitung=2,050pada taraf signifikan α=0,05 dengan dk 58 diperoleh Ttabel=1, 167 sehingga Thitung >Ttabel yaitu diperoleh 2,050>1, 167.Penggunaan Aplikasi Mobile materi Sembilan Tari Wajib melayu dengan menggunakan model Blended Learning sangat layak dan efektif digunakan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.33 Sof p |
Keywords: | Aplikasi Mobile, Sembilan Tari Wajib Melayu, Model Blended Learning |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1580 Dancing L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 28 May 2024 05:41 |
Last Modified: | 28 May 2024 05:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58055 |