Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Mobile Materi Sembilan Tari Wajib Melayu Dengan Menggunakan Model Blended Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Menari Siswa 2023

Sofia, Maya (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Mobile Materi Sembilan Tari Wajib Melayu Dengan Menggunakan Model Blended Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Menari Siswa 2023. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8216122006_Cover.pdf] Text
8216122006_Cover.pdf

Download (197kB)
[thumbnail of 8216122006_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8216122006_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (547kB)
[thumbnail of 8216122006_Abstrak.pdf] Text
8216122006_Abstrak.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of 8216122006_Kata_Pengantar.pdf] Text
8216122006_Kata_Pengantar.pdf

Download (257kB)
[thumbnail of 8216122006_Daftar_Isi.pdf] Text
8216122006_Daftar_Isi.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of 8216122006_Daftar_Tabel.pdf] Text
8216122006_Daftar_Tabel.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of 8216122006_Daftar_Gambar.pdf] Text
8216122006_Daftar_Gambar.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of 8216122006_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8216122006_Daftar_Lampiran.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 8216122006_BAB_I.pdf] Text
8216122006_BAB_I.pdf

Download (602kB)
[thumbnail of 8216122006_BAB_V.pdf] Text
8216122006_BAB_V.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of 8216122006_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8216122006_Daftar_Pustaka.pdf

Download (253kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) kelayakan media pembelajaran berbasis Aplikasi Mobile materi Sembilan Tari Wajib Melayu dengan menggunakan model Blended Learning. (2) mengetahui keefektifan media pembelajaran berbasis Aplikasi Mobile materi Sembilan Tari Wajib Melayu dengan menggunakan model Blended Learning. Jenis penelitian ini berbentuk R&D dengan menggunakan model pengembangan ASSURE oleh Smaldino, S., Lowther, D.,Mims, C., Rusell, J. Penelitian ini dilakukan pada kelas X SMA N 1 Sei Kepayang berjumlah 60 siswa. Subjek penelitian yaitu ahli materi, ahli media dan ahli desain dari dosen Universitas Negeri Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) uji ahli materi pembelajaran berada pada kriteria sangat baik (93,26%), (2) uji ahli media pembelajaran berada pada kriteria sangat baik (90,62%), (3) uji ahli desain pembelajaran berada pada kriteria sangat baik (89,62%). Hasil pengajuan Hipotesis dapat membuktikan bahwa (1) Media pembelajaran berbasis aplikasi Mobile materi Sembilan Tari Wajib Melayu dengan menggunakan Blended Learning layak digunakan (2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan menari siswa dengan menggunakan Aplikasi Mobile dengan keterampilan menari siswa dengan menggunakan Aplikasi berbasis Website Wordwall. Efektivitas rata-rata daru keterapilan menari siswa dalam menggunakan Aplikasi Mobile materi Sembilan Tari wajib Melayu dengan menggunakan model Blended Learning (Kelas Eksperimen) adalah 84,43% dan siswa yang menggunakan Aplikasi berbasis Website Wordwall (Kelas Kontrol) adalah 79,68%. Hasil posttest diperoleh harga Thitung=2,050pada taraf signifikan α=0,05 dengan dk 58 diperoleh Ttabel=1, 167 sehingga Thitung >Ttabel yaitu diperoleh 2,050>1, 167.Penggunaan Aplikasi Mobile materi Sembilan Tari Wajib melayu dengan menggunakan model Blended Learning sangat layak dan efektif digunakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.33 Sof p
Keywords: Aplikasi Mobile, Sembilan Tari Wajib Melayu, Model Blended Learning
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1580 Dancing
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 28 May 2024 05:41
Last Modified: 28 May 2024 05:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58055

Actions (login required)

View Item
View Item