Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Museum Virtual pada Mata Pelajaran Sejarah Materi Manusia Purba Indonesia Untuk Kelas X SMAS Kartika 1-1 Medan

Fauzan, Muhammad Ade (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Museum Virtual pada Mata Pelajaran Sejarah Materi Manusia Purba Indonesia Untuk Kelas X SMAS Kartika 1-1 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 3193121008_Cover.pdf] Text
3193121008_Cover.pdf

Download (73kB)
[thumbnail of 3193121008_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
3193121008_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (578kB)
[thumbnail of 3193121008_Abstrak.pdf] Text
3193121008_Abstrak.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of 3193121008_Kata_Pengantar.pdf] Text
3193121008_Kata_Pengantar.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of 3193121008_Daftar_Isi.pdf] Text
3193121008_Daftar_Isi.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of 3193121008_Daftar_Gambar.pdf] Text
3193121008_Daftar_Gambar.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of 3193121008_Daftar_Tabel.pdf] Text
3193121008_Daftar_Tabel.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 3193121008_Daftar_Lampiran.pdf] Text
3193121008_Daftar_Lampiran.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 3193121008_BAB_I.pdf] Text
3193121008_BAB_I.pdf

Download (290kB)
[thumbnail of 3193121008_BAB_V.pdf] Text
3193121008_BAB_V.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 3193121008_Daftar_Pustaka.pdf] Text
3193121008_Daftar_Pustaka.pdf

Download (175kB)

Abstract

Media pembelajaran Museum virtual merupakan media pembelajaran yang interaktif dengan menyatukan konsep museum dengan teknologi sehingga dapat menciptakan media pembelajaran yang inovatif dan sangat menarik. Media pembelajaran Museum virtual ini dibuat menggunakan aplikasi ArtStep dan menggunakan materi Manusia Purba Indonesia Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Museum Virtual pada materi Manusia Purba Indonesia ini bertujuan untuk: 1) untuk mengetahui apakah Museum Virtual layak dijadikan sebgai media pembelajaran sejarah, 2) untuk mengetahui apakah museum virtual efektif untuk dijadikan media pembelajaran. Adapun didalam penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE memiliki 5 tahap yaitu Analisys, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Dalam pengempulan data, terdapat 4 kategori data yaitu: 1) angket validasi ahli materi dengan memproleh persentase sebesar 94,3% dan masuk kedalam kategori sangat layak, 2) angket validasi ahli media dengan memperoleh persentase sebesar 95,5% dan masuk kedalam kategori sangat layak, 3) angket ujicoba kelompok kecil dengan memproleh persentase sebesar 88% dan masuk kedalam kategori sangat layak, 3) angket ujicoba siswa operasional dengan memperoleh persentase sebesar 95,5% dan masuk kedalam kategori sangat layak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran; Museum Virtual; ADDIE
Subjects: L Education > L Education (General) > L797 Educational exhibitions and museums
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Siti Nur Fatimah
Date Deposited: 03 Jun 2024 08:10
Last Modified: 03 Jun 2024 08:10
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58042

Actions (login required)

View Item
View Item