Sidabutar, Lamria Romaito (2023) Pengembangan Bahan Bacaan Cerita Rakyat Berbasis Multiliterasi pada Kelas X Siswa SMA RK Serdang Murni Lubuk Pakam. Masters thesis, UNIMED.
8216192010_Cover.pdf
Download (43kB)
8216192010_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (763kB)
8216192010_Abstrak.pdf
Download (376kB)
8216192010_Kata_Pengantar.pdf
Download (401kB)
8216192010_Daftar_Isi.pdf
Download (259kB)
8216192010_Daftar_Tabel.pdf
Download (231kB)
8216192010_Daftar_Gambar.pdf
Download (229kB)
8216192010_Daftar_Lampiran.pdf
Download (229kB)
8216192010_BAB_I.pdf
Download (759kB)
8216192010_BAB_V.pdf
Download (428kB)
8216192010_Daftar_Pustaka.pdf
Download (563kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan bahan bacaan cerita rakyat berbasis multiliterasi pada kelas X, bentuk produk bahan bacaan cerita rakyat berbasis multiliterasi pada kelas X, kelayakan bahan bacaan cerita rakyat berbasis multiliterasi pada kelas X dan keefektifan bahan bacaan cerita rakyat berbasis multiliterasi pada kelas X siswa SMA RK Serdang Murni Lubuk Pakam. Penelitian ini menggunakan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri atas analisis, rancangan,pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Kelayakan penilaian materi dilakukan dengan rata-rata hasil penilaian akhir validator adalah 94,8% kategori sangat layak dan validasi penilaian ahli desain dengan rata-rata hasil penilaian akhir ahli desain adalah 93,9%. Penilaian juga dilakukan oleh guru Bahasa Indonesia yang berada di SMA RK Serdang Murni Lubuk Pakam dengan presentase 90,3% berada pada kategori sangat layak. Berikutnya dilakukan uji lapangan terbatas dilakukan terhadap 30 peserta didik SMA RK Serdang Murni Lubuk Pakam dan mendapatkan rata-rata 92,4 dengan kategori sangat layak.
Keefektifan bahan bacaan cerita rakyat berbasis multiliterasi pada Kelas X Siswa SMA RK Serdang Murni Lubuk Pakam didapat dari hasil belajar peserta didik dilakukan dalam dua tahap yaitu pada saat pre-test dan post-test. Peserta didik menuliskan sebuah cerpen yang disesuaikan dengan bahan bacaan cerita rakyat berbasis multiliterasi. Hasil yang diperoleh pada saat pre-test adalah 2.132 dengan rata-rata 71, setelah menggunakan bahan bacaan cerita rakyat berbasis multiliterasi dan dilakukan post-test jumlah skor total peserta didik meningkat menjadi 2.431 dengan rata-rata 81 terkategori “baik”.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 899.221 Sid p |
Keywords: | Pengembangan, Bacaan, Multiliterasi, Cerita Rakyat |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PN Literature (General) P Language and Literature > PN Literature (General) > PN3311 Prose. Prose fiction P Language and Literature > PN Literature (General) > PN6120 Fiction |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 28 May 2024 04:39 |
Last Modified: | 28 May 2024 04:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58022 |