Uslin, Ade Rizkia Dwi (2023) Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Sulaman Aplikasi Pada Siswa Kelas X Masppirsyadul Islamiyah Tanjung Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM.2173151001 COVER.pdf
Download (240kB)
2. NIM.2173151001 APPROVAL SHEET.pdf
Download (447kB)
3. NIM.2173151001 ABSTRACT.pdf
Download (213kB)
4. NIM.2173151001 PREFACE.pdf
Download (241kB)
5. NIM.2173151001 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (419kB)
6. NIM.2173151001 LIST OF FIGURE.pdf
Download (212kB)
7. NIM.2173151001 LIST OF TABLE.pdf
Download (211kB)
8. NIM.2173151001 LIST OF APPENDIX.pdf
Download (315kB)
9. NIM.2173151001 CHAPTER I.pdf
Download (358kB)
13. NIM.2173151001 CHAPTER V.pdf
Download (244kB)
14. NIM.2173151001 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (275kB)
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui besar dan siginifikan pengaruh metode demonstrasi terhadap keterampilan sulaman aplikasi siswa. Adapun populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MAS PP Irsyadul Islamiyah Tanjung Medan dengan jumlah populasi 102 orang dan sampel yang diambil ialah siswa kelas X-A yang berjumlah 31 orang. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling atau sampel acak area. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu (quasi experimental research). Adapun teknik pengumpulan data mengunakan tes, yaitu pretest dan posttest, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 59,70 dan nilai rata-rata posttest sebesar 77,77. Selisih nilai rata-rata pretest dan posttest ialah 18,07, sehingga
diperoleh besar persenan dari kedua tes yaitu 30%. Maka besar pengaruh penggunaan metode demonstrasi terhadap hasil belajar keterampilan sulaman aplikasi mengalami peningkatan sebesar 30%. Sedangkan pada hasil uji hipotesis (uji t) diperoleh thitung = 10,160 dengan dk = 60 dan signifikansi 0,05 adalah 2,000. Maka diketahui thitung 10,160 > ttabel 2,000 sehingga ha diterima dan ho ditolak, jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode demonstrasi terhadap hasil belajar keterampilan sulaman aplikasi siswa kelas X MAS PP Irsyadul Islamiyah Tanjung Medan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengaruh, metode demonstrasi, sulaman aplikasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration > NC390 Study and teaching |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 28 May 2024 04:03 |
Last Modified: | 28 May 2024 04:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57988 |