Pengembangan Instrumen Asesmen Autentik Teks Cerpen Siswa Kelas XI SMA Negeri 12 Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023

Rezeki, Kiki Sri (2023) Pengembangan Instrumen Asesmen Autentik Teks Cerpen Siswa Kelas XI SMA Negeri 12 Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8216192009_Cover.pdf] Text
8216192009_Cover.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of 8216192009_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8216192009_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (337kB)
[thumbnail of 8216192009_Abstrak.pdf] Text
8216192009_Abstrak.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of 8216192009_Kata_Pengantar.pdf] Text
8216192009_Kata_Pengantar.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of 8216192009_Daftar_Isi.pdf] Text
8216192009_Daftar_Isi.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of 8216192009_Daftar_Tabel.pdf] Text
8216192009_Daftar_Tabel.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of 8216192009_Daftar_Gambar.pdf] Text
8216192009_Daftar_Gambar.pdf

Download (54kB)
[thumbnail of 8216192009_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8216192009_Daftar_Lampiran.pdf

Download (54kB)
[thumbnail of 8216192009_BAB_I.pdf] Text
8216192009_BAB_I.pdf

Download (447kB)
[thumbnail of 8216192009_BAB_V.pdf] Text
8216192009_BAB_V.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of 8216192009_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8216192009_Daftar_Pustaka.pdf

Download (236kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) proses pengembangan instrumen asesmen autentik materi teks cerpen, (2) bentuk instrumen asesmen autentik materi teks cerpen, (3) Hasil Uji coba instrumen asesmen autentik materi teks cerpen, dan (4) keefektifan instrumen asesmen autentik materi teks cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 12 Medan. Subjek uji coba terdiri dari ahli materi, ahli evaluasi, guru bahasa Indonesia di SMA Negeri 12 Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengembangan instrumen penilaian autentik pada materi teks cerpen didasarkan penelitian dan pengumpulan informasi pendahuluan, perencanaan, pengembangan produk awal, validasi desain dan evaluasi, revisi produk, penilaian dan saran guru bahasa serta siswa, revisi, uji coba perorangan, revisi, uji coba kelompok kecil, revisi, uji coba lapangan terbatas, revisi hingga produk valid dan layak digunakan; (2) persentase rata-rata seluruh sub komponen dari hasil validasi ahli materi adalah 84% dengan kriteria “sangat baik”. Persentase rata-rata seluruh indikator dari hasil validasi ahli evaluasi untuk instrumen bentuk pilihan ganda adalah 88%; untuk instrumen uraian adalah 88%; dan untuk instrumen psikomotor adalah 90%. Seluruh penilaian ahli evaluasi berada pada kriteria “sangat baik”. Hasil respon guru memiliki total presentase rata-rata 96% dengan kriteria “sangat baik”. Hasil respon siswa dinyatakan layak dan memenuhi kebutuhan, total presentase rata-rata 98% dengan kriteria keseluruhan “sangat baik”; dan (3) keefektifan instrumen penilaian autentik pada materi teks cerpen diperoleh rata- rata 81%. Disimpulkan bahwa kemampuan siswa mengalami kenaikan yang signifikan tinggi dan mencapai KKM sesuai yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 808.066 5 Rez p
Keywords: Instrumen, Asesmen Autentik, Teks Cerpen
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
P Language and Literature > PN Literature (General)
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN6120 Fiction
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 28 May 2024 03:42
Last Modified: 28 May 2024 03:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57986

Actions (login required)

View Item
View Item