Rezeki, Kiki Sri (2023) Pengembangan Instrumen Asesmen Autentik Teks Cerpen Siswa Kelas XI SMA Negeri 12 Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023. Masters thesis, UNIMED.
8216192009_Cover.pdf
Download (74kB)
8216192009_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (337kB)
8216192009_Abstrak.pdf
Download (184kB)
8216192009_Kata_Pengantar.pdf
Download (126kB)
8216192009_Daftar_Isi.pdf
Download (120kB)
8216192009_Daftar_Tabel.pdf
Download (165kB)
8216192009_Daftar_Gambar.pdf
Download (54kB)
8216192009_Daftar_Lampiran.pdf
Download (54kB)
8216192009_BAB_I.pdf
Download (447kB)
8216192009_BAB_V.pdf
Download (202kB)
8216192009_Daftar_Pustaka.pdf
Download (236kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) proses pengembangan instrumen asesmen autentik materi teks cerpen, (2) bentuk instrumen asesmen autentik materi teks cerpen, (3) Hasil Uji coba instrumen asesmen autentik materi teks cerpen, dan (4) keefektifan instrumen asesmen autentik materi teks cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 12 Medan. Subjek uji coba terdiri dari ahli materi, ahli evaluasi, guru bahasa Indonesia di SMA Negeri 12 Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengembangan instrumen penilaian autentik pada materi teks cerpen didasarkan penelitian dan pengumpulan informasi pendahuluan, perencanaan, pengembangan produk awal, validasi desain dan evaluasi, revisi produk, penilaian dan saran guru bahasa serta siswa, revisi, uji coba perorangan, revisi, uji coba kelompok kecil, revisi, uji coba lapangan terbatas, revisi hingga produk valid dan layak digunakan; (2) persentase rata-rata seluruh sub komponen dari hasil validasi ahli materi adalah 84% dengan kriteria “sangat baik”. Persentase rata-rata seluruh indikator dari hasil validasi ahli evaluasi untuk instrumen bentuk pilihan ganda adalah 88%; untuk instrumen uraian adalah 88%; dan untuk instrumen psikomotor adalah 90%. Seluruh penilaian ahli evaluasi berada pada kriteria “sangat baik”. Hasil respon guru memiliki total presentase rata-rata 96% dengan kriteria “sangat baik”. Hasil respon siswa dinyatakan layak dan memenuhi kebutuhan, total presentase rata-rata 98% dengan kriteria keseluruhan “sangat baik”; dan (3) keefektifan instrumen penilaian autentik pada materi teks cerpen diperoleh rata- rata 81%. Disimpulkan bahwa kemampuan siswa mengalami kenaikan yang signifikan tinggi dan mencapai KKM sesuai yang diharapkan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 808.066 5 Rez p |
Keywords: | Instrumen, Asesmen Autentik, Teks Cerpen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum P Language and Literature > PN Literature (General) P Language and Literature > PN Literature (General) > PN6120 Fiction |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 28 May 2024 03:42 |
Last Modified: | 28 May 2024 03:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57986 |