Pengembangan Buku Elektronik Biologi Materi Sistem Saraf Berbasis Mind Map

Dalimunthe, Khoirunnisya (2023) Pengembangan Buku Elektronik Biologi Materi Sistem Saraf Berbasis Mind Map. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8206173002_Cover.pdf] Text
8206173002_Cover.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of 8206173002_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8206173002_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8206173002_Abstrak.pdf] Text
8206173002_Abstrak.pdf

Download (314kB)
[thumbnail of 8206173002_Kata_Pengantar.pdf] Text
8206173002_Kata_Pengantar.pdf

Download (384kB)
[thumbnail of 8206173002_Daftar_Isi.pdf] Text
8206173002_Daftar_Isi.pdf

Download (221kB)
[thumbnail of 8206173002_Daftar_Tabel.pdf] Text
8206173002_Daftar_Tabel.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of 8206173002_Daftar_Gambar.pdf] Text
8206173002_Daftar_Gambar.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of 8206173002_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8206173002_Daftar_Lampiran.pdf

Download (313kB)
[thumbnail of 8206173002_BAB_I.pdf] Text
8206173002_BAB_I.pdf

Download (389kB)
[thumbnail of 8206173002_BAB_V.pdf] Text
8206173002_BAB_V.pdf

Download (313kB)
[thumbnail of 8206173002_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8206173002_Daftar_Pustaka.pdf

Download (447kB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat kelayakan buku elektronik (e-book) biologi materi sistem saraf berbasis mind map. Penelitian dilakukan di MAN 2 Padang Sidempuan pada kelas XI MIPA. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Tahap analisis terdiri dari analisis kurikulum, perangkat pembelajaran, materi, kebutuhan siswa dan guru. Tahap perancangan terdiri dari rancangan perangkat, cover, isi dan mind map e-book biologi materi sistem saraf. Tahap pengembangan didapatkan bawah hasil validasi yang dilakukan oleh tim ahli materi diperoleh sebesar 88,9 kategori “sangat layak”, ahli desain pembelajaran diperoleh sebesar 80,9 kategori “layak” serta ahli desain layout diperoleh sebesar 97,1 kategori “sangat layak”. Berdasarkan tingkat uji coba produk perseorangan diperoleh sebesar 67,0 kategori “baik”, tingkat uji coba skala kecil diperoleh sebesar 70,9 kategori “baik” serta tingkat uji coba skala besar diperoleh 81,0 kategori “baik”. Tahap implementasi diperoleh dari perbedaan nilai pre-test dan post-test pada kelas kontrol dan eksperimen. Tahap evaluasi diperoleh perbedaan rata-rata hasil belajar siswa dengan nilai P pada kelas kontrol dan eksperimen diperoleh sebesar 0,000 < 0,05. Nilai N-Gain pada kelas kontrol diperoleh sebesar 0,71 dengan kategori tinggi dan pada kelas eksperimen diperoleh sebesar 0,59 dengan kategori sedang. Oleh karena itu, e-book biologi materi sistem saraf berbasis mind map cukup efektif digunakan sebagai bahan ajar tambahan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 611.807 2 Dal p
Keywords: Buku Elektronik, Sistem Saraf, Mind Map.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QH Natural history
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 28 May 2024 03:33
Last Modified: 28 May 2024 03:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57980

Actions (login required)

View Item
View Item