Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Menulis Teks Eksplanasi Berbantuan Kode Respons Cepat Kelas XI di SMAN Unggul Subulussalam

Br Tambunan, Khairunnisa (2023) Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Menulis Teks Eksplanasi Berbantuan Kode Respons Cepat Kelas XI di SMAN Unggul Subulussalam. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8216192015_Cover.pdf] Text
8216192015_Cover.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of 8216192015_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8216192015_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (244kB)
[thumbnail of 8216192015_Abstrak.pdf] Text
8216192015_Abstrak.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 8216192015_Kata_Pengantar.pdf] Text
8216192015_Kata_Pengantar.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of 8216192015_Daftar_Isi.pdf] Text
8216192015_Daftar_Isi.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of 8216192015_Daftar_Tabel.pdf] Text
8216192015_Daftar_Tabel.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of 8216192015_Daftar_Gambar.pdf] Text
8216192015_Daftar_Gambar.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 8216192015_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8216192015_Daftar_Lampiran.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 8216192015_BAB_I.pdf] Text
8216192015_BAB_I.pdf

Download (584kB)
[thumbnail of 8216192015_BAB_V.pdf] Text
8216192015_BAB_V.pdf

Download (286kB)
[thumbnail of 8216192015_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8216192015_Daftar_Pustaka.pdf

Download (382kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) proses pengembangan bahan ajar elektronik menulis teks eksplanasi berbantuan kode respon cepat, (2) bentuk bahan ajar, (3) kelayakan bahan ajar, (4) keefektifan bahan ajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) mengembangkan bahan ajar dengan proses 10 tahapan berjalan dengan baik dan sesuai model pengembangan Borg and Gall, (2) bentuk produk berupa bahan ajar elektronik menulis teks eksplanasi berbantuan kode respons cepat memiliki tampilan dan isi yang unik, (3) kelayakan bahan ajar teks eskplanasi dinyatakan layak untuk digunakan berdasarkan validasi ahli materi yang meliputi aspek kelayakan isi/materi, kelayakan penyajian, dan kelayakan bahasa. Memperoleh skor rata-rata 90% dengan kriteria “sangat layak”, ahli desain yang meliputi aspek kelayakan kegrafikaan memperoleh skor rata-rata 85% dengan kriteria “sangat layak”. Uji skala kecil memperoleh skor rata-rata 75% dengan kriteria “layak”. Uji coba skala besar memperoleh skor rata-rata 80% dengan kriteria “layak”, (4) keefektifan bahan ajar elektronik menulis teks eksplanasi berbantuan kode respons cepat menunjukkan peningkatan dari hasil pretes 60 menjadi hasil postes 90. Keseluruhan hasil penelitian ini menunjukan bahan ajar teks eksplanasi dinyatakan layak dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Implikasi dari penelitian ini adalah (1) bahan ajar yang dikembangkan memberikan sumbang praktis dalam pelaksanaan pembelajaran, (2) bahan ajar yang dikembangkan dapat menambah ilmu pengetahuan pada guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan menciptakan pembelajaran yang menarik dan bermakna, (3) bahan ajar yang dikembangkan dapat digunakan sebagai salah satu bahan ajar alternatif pendamping pada materi teks eksplanasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 808.027 Tam p
Keywords: Bahan ajar elektronik, teks eksplanasi, kode respons cepat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P118 Language acquisition
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 28 May 2024 03:26
Last Modified: 28 May 2024 03:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57976

Actions (login required)

View Item
View Item