Br Tambunan, Khairunnisa (2023) Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Menulis Teks Eksplanasi Berbantuan Kode Respons Cepat Kelas XI di SMAN Unggul Subulussalam. Masters thesis, UNIMED.
8216192015_Cover.pdf
Download (135kB)
8216192015_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (244kB)
8216192015_Abstrak.pdf
Download (211kB)
8216192015_Kata_Pengantar.pdf
Download (165kB)
8216192015_Daftar_Isi.pdf
Download (164kB)
8216192015_Daftar_Tabel.pdf
Download (113kB)
8216192015_Daftar_Gambar.pdf
Download (110kB)
8216192015_Daftar_Lampiran.pdf
Download (112kB)
8216192015_BAB_I.pdf
Download (584kB)
8216192015_BAB_V.pdf
Download (286kB)
8216192015_Daftar_Pustaka.pdf
Download (382kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) proses pengembangan bahan ajar elektronik menulis teks eksplanasi berbantuan kode respon cepat, (2) bentuk bahan ajar, (3) kelayakan bahan ajar, (4) keefektifan bahan ajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) mengembangkan bahan ajar dengan proses 10 tahapan berjalan dengan baik dan sesuai model pengembangan Borg and Gall, (2) bentuk produk berupa bahan ajar elektronik menulis teks eksplanasi berbantuan kode respons cepat memiliki tampilan dan isi yang unik, (3) kelayakan bahan ajar teks eskplanasi dinyatakan layak untuk digunakan berdasarkan validasi ahli materi yang meliputi aspek kelayakan isi/materi, kelayakan penyajian, dan kelayakan bahasa. Memperoleh skor rata-rata 90% dengan kriteria “sangat layak”, ahli desain yang meliputi aspek kelayakan kegrafikaan memperoleh skor rata-rata 85% dengan kriteria “sangat layak”. Uji skala kecil memperoleh skor rata-rata 75% dengan kriteria “layak”. Uji coba skala besar memperoleh skor rata-rata 80% dengan kriteria “layak”, (4) keefektifan bahan ajar elektronik menulis teks eksplanasi berbantuan kode respons cepat menunjukkan peningkatan dari hasil pretes 60 menjadi hasil postes 90. Keseluruhan hasil penelitian ini menunjukan bahan ajar teks eksplanasi dinyatakan layak dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Implikasi dari penelitian ini adalah (1) bahan ajar yang dikembangkan memberikan sumbang praktis dalam pelaksanaan pembelajaran, (2) bahan ajar yang dikembangkan dapat menambah ilmu pengetahuan pada guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan menciptakan pembelajaran yang menarik dan bermakna, (3) bahan ajar yang dikembangkan dapat digunakan sebagai salah satu bahan ajar alternatif pendamping pada materi teks eksplanasi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 808.027 Tam p |
Keywords: | Bahan ajar elektronik, teks eksplanasi, kode respons cepat |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P118 Language acquisition |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 28 May 2024 03:26 |
Last Modified: | 28 May 2024 03:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57976 |