Pengembangan Modul Ajar Berbasis Hypercontent untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA Kelas XI

Bariyyah, Khairul (2023) Pengembangan Modul Ajar Berbasis Hypercontent untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA Kelas XI. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8206176004_Cover.pdf] Text
8206176004_Cover.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of 8206176004_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8206176004_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (322kB)
[thumbnail of 8206176004_Abstrak.pdf] Text
8206176004_Abstrak.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of 8206176004_Kata_Pengantar.pdf] Text
8206176004_Kata_Pengantar.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of 8206176004_Daftar_Isi.pdf] Text
8206176004_Daftar_Isi.pdf

Download (172kB)
[thumbnail of 8206176004_Daftar_Tabel.pdf] Text
8206176004_Daftar_Tabel.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 8206176004_Daftar_Gambar.pdf] Text
8206176004_Daftar_Gambar.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 8206176004_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8206176004_Daftar_Lampiran.pdf

Download (134kB)
[thumbnail of 8206176004_BAB_I.pdf] Text
8206176004_BAB_I.pdf

Download (459kB)
[thumbnail of 8206176004_BAB_V.pdf] Text
8206176004_BAB_V.pdf

Download (170kB)
[thumbnail of 8206176004_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8206176004_Daftar_Pustaka.pdf

Download (368kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) validitas modul ajar berbasis hypercontent yang dikembangkan, 2) kepraktisan modul ajar berbasis hypercontent yang dikembangkan, dan 3) keefektifan terhadap penerapan setiap indikator kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Research andDevelopmentmenggunakandesain ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa-siswi kelas XI di sekolah SMA Negeri 1 Sei Suka. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah angket validasi ahli media, angket validasi ahli eksperimen,angket respon siswa, lembar observasi kemampuan berpikir kreatif dan instrumen hasil belajar siswa. Hasil penelitian oleh ahli media diperoleh skor rata-rata 88,6%dengan kategori sangat valid dan untuk penilaian ahli eksperimen skor rata-rata 94% dengan kategori sangat valid. Hasil kepraktisan modul yang ditinjau dari angket respon siswa diperoleh skor kepraktisan sebesar 85,5%, dengan kategori sangat praktis. Adapun aspek keefektifan diperoleh adanya peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa sebesar 83% dengan kategori sangat efektif dan peningkatan hasil belajar siswa diperoleh n-gain sebesar 0,70 dengan kriteria cukup efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.72 Bar p
Keywords: modul, hypercontent, berpikir kreatif, ADDIE
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 28 May 2024 03:00
Last Modified: 28 May 2024 03:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57963

Actions (login required)

View Item
View Item