Ginting, Iyan Pasckal (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning Menggunakan Aplikasi Moodle Pada Mata Pelajaran Teknik Komputer dan Jaringan Dasar di SMK. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 5173151019 COVER.pdf
Download (2MB)
2. 5173151019 APPROVAL SHEET.pdf
Download (4MB)
3. 5173151019 ABSTRACT.pdf
Download (2MB)
4. 5173151019 PREFACE.pdf
Download (2MB)
5. 5173151019 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (2MB)
6. 5173151019 ILLUSTRATION.pdf
Download (2MB)
7. 5173151019 TABLES.pdf
Download (2MB)
8. 5173151019 CHAPTER I.pdf
Download (3MB)
12. 5173151019 CHAPTER V.pdf
Download (2MB)
13. 5173151019 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (2MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kelayakan dan keefektivitasan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning Menggunakan Aplikasi Moodle pada Mata Pelajaran Teknik Komputer dan Jaringan Dasar di SMK. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli media dan pengguna yang bertujuan untuk mengetahui kualitas media pembelajaran yang sudah dibuat serta menguji keefektivitasannya dalam proses pembelajaran. Hasil validitas pengembangan media ini masuk kedalam kategori SANGAT LAYAK dilihat dari hasil uji validasi materi yang dilakukan oleh 2 orang validator mendapat rata-rata skor sebesar 4,54 dengan ketegori “Sangat Layak” dan untuk validasi media yang dilakukan oleh 2 orang validator mendapat rata-rata skor sebesar 4,14 dengan kategoru “Layak”. Dan untuk uji akseptabilitas pengguna memperoleh skor sebesar 4,23 dengan kategori “Sangat Layak”. (2). Hasil uji efektivitas pengggunaan media pembelajaran berbasis e-learning menggunakan aplikasi moodle lebih baik dibandingkan dengan yang tidak menggunakan media pembelajaran berbasis berbasis e-learning, dimana hasil perbandingan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 90 dan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 95. Dan diperoleh nilai ttabel = 1,688, dengan derajat kepercayaan sebesar 0,05. Karena thitung (2,482) > ttabel (1,685), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dimana dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata pada kelas ekperimen lebih besar dari nilai ratarata kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajan,Moodle; E-Learning; ADDIE |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 28 May 2024 02:50 |
Last Modified: | 28 May 2024 02:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57958 |