Munthe, Josua Fransisko (2023) Pengembangan Perangkat Pembelajaran e-Learning berbasis Belajar Struktur Scandura Mata Pelajaran IPA di SMP Negeri 2 Balige Kabupaten Toba. Masters thesis, UNIMED.
8206122006_Cover.pdf
Download (85kB)
8206122006_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (374kB)
8206122006_Abstrak.pdf
Download (87kB)
8206122006_Kata_Pengantar.pdf
Download (376kB)
8206122006_Daftar_Isi.pdf
Download (434kB)
8206122006_Daftar_Tabel.pdf
Download (337kB)
8206122006_Daftar_Gambar.pdf
Download (99kB)
8206122006_BAB_I.pdf
Download (632kB)
8206122006_BAB_V.pdf
Download (272kB)
8206122006_Daftar_Pustaka.pdf
Download (479kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kelayakan dari perangkat pembelajaran e-learning berbasis belajar struktur Scandura pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 2 Balige Kabupaten Toba; 2) mengetahui kepraktisan dari perangkat pembelajaran e-learning berbasis belajar struktur Scandura pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 2 Balige Kabupaten Toba; 3) mengetahui keefektifan dari perangkat pembelajaran e-learning berbasis belajar struktur Scandura pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 2 Balige Kabupaten Toba.
Jenis yang digunakan peneliti adalah menggunakan penelitian dan pengembangan atau yang disebut istilah Research Development (R&D). Subyek dari penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 2 Balige Kabupaten Toba. Obyek penelitian ini adalah perangkat pembelajaran e-learning yang digunakan oleh siswa kelas VIIIA dan VIIIB sebanya 64 orang (masing-masing kelas 32 orang siswa) pada saat pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uji kelayakan dari perangkat pembelajaran e-learning berbasis belajar struktur Scandura yang diuji melalui validasi ahli materi dan ahli media dengan rata-rata skor 3,85 persentase 96% pada kriteria layak untuk digunakan pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 2 Balige. Uji kepraktisan dari perangkat pembelajaran e-learning berbasis belajar struktur Scandura yang diujikan kepada guru-guru IPA dengan rata-rata 3,22 persentase 80,56% pada kategori layak untuk digunakan pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 2 Balige. Uji keefektifan dari perangkat pembelajaran e-learning berbasis belajar struktur Scandura yang diujikan dengan perhitungan N-Gain didapatkan rata-rata skor sebesar 70,23. Perangkat pembelajaran e-learning berbasis belajar struktur Scandura menggiring siswa untuk beropini, bereksperimen atau berdemonstrasi dan belajar yang terstruktur mengarahkan siswa menjadi seorang peneliti muda untuk mengidentifikasi, mengevaluasi dan merangkum hasil pengamatan dan percobaan mereka dimana tanpa mereka sadari mengajak mereka masuk ke dalam kerangka penelitian sederhana melalui perangkat website yang menurut siswa perangkat lainnya membosankan karena berisikan kalimat-kalimat, gambar dan video saja.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.33 Mun p |
Keywords: | Perangkat Pembelajaran e-Learning, Belajar Struktur Scandura, IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 28 May 2024 02:05 |
Last Modified: | 28 May 2024 02:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57942 |