Pasaribu, Robby Ade Syahputra (2024) PENGARUH LAYANAN KONTEN DENGAN TEKNIK BRAINSTORMING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP NEGERI 8 TEBING TINGGI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1193351064_Cover.pdf
Download (42kB)
1193351064_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (370kB)
1193351064_Abstrak.pdf
Download (209kB)
1193351064_Kata_Pengantar.pdf
Download (140kB)
1193351064_Daftar_Isi.pdf
Download (137kB)
1193351064_Kata_Pengantar.pdf
Download (140kB)
1193351064_Daftar_Isi.pdf
Download (137kB)
1193351064_Daftar_Tabel.pdf
Download (110kB)
1193351064_Daftar_Gambar.pdf
Download (108kB)
1193351064_Daftar_Lampiran.pdf
Download (32kB)
1193351064_BAB_I.pdf
Download (452kB)
1193351064_BAB_V.pdf
Download (244kB)
1193351064_Daftar_Pustaka.pdf
Download (267kB)
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menerapkan layanan konten teknik brainstorming dalam meningkatkan berpikir keatif di SMP N 8 Tebing Tinggi, T.A 2022/ 2023. Dalam penelitian ini, yang menjadi populasi adalah seluruh peserta didik kelas XIII 7 di SMP Negeri 8 Tebing Tinggi yang memiliki tingkat berpikir kreatif yang rendah. Adapun teknik dalam mengambil sampel dalam penelitian ini yaitu dengan teknik Purposive Sampling dengan begitu subjek dalam penelitian ini berjumlah 12 siswa. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif dengan Jenis penelitian yang dilakukan pada penelitian ini yaitu pre eksperimen Dengan desain penelitian yaitu desain One-Group Pre-test Post-test Design. Berdasarkan hasil penelitian tersebut berhasil dikarenakan sebelumnya nilai rata-rata berpikir kreatif siswa sebesar 83,16 dan setelah diberikan layanan meningkat drastis menjadi 106,75. Hasil perhitungan reliabilitas maka diketahui nilai r11 (0,655) > rtabel (0,361). Maka dapat disimpulkan bahwa kisi–kisi berpikir kreatif memenuhi kriteria reliabilitas dan dalam kategori sangat reliabel. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon, diperoleh J hitung 38, dengan a 0,05 dan n 12 sehingga nilai J tabel 14. Dari tabel tersebut terlihat bahwa J hitung J table dimana 38 14. Data pre-test atau sebelum dilakukan layanan penguasaan dengan teknik brainstorming didapatkan nilai rata-rata sebesar 83,16 sementara data posttest atau setelah dilakukan layanan penguasaan konten teknik brainstorming nilai rata-rata sebesar 106,75. Selisih dari nilai rata-rata pre-test dan post-test sebesar 23,58. Dapat disimpulkan bahwa layanan penguasaan konten teknik brainstorming dapat berpengaruh dalam meningkatkan berpikir kreatif siswa SMP Negeri 8 Tebing Tinggi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Layanan Penguasaan Konten, Teknik Brainstorming, Meningkatkan Berpikir Kreatif |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511 Affection. Feeling. Emotion B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF636 Applied psychology B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF725 Class psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 27 May 2024 09:49 |
Last Modified: | 27 May 2024 09:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57935 |