Aulia, Yoanda Fira (2022) PENERAPAN PEMBELAJARAN TARI MANDUDA BERBASIS E-LEARNING SCHOOLOGY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KOTA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2172141005 COVER.pdf
Download (97kB)
2. NIM 2172141005 APPROVAL SHEET.pdf
Download (980kB)
3. NIM 2172141005 ABSTRACT.pdf
Download (123kB)
4. NIM 2172141005 PREFACE.pdf
Download (187kB)
5. NIM 2172141005 TABLE OF CONTENTS.pdf
Download (179kB)
6. NIM 2172141005 ILLUSTRATIONS.pdf
Download (88kB)
7. NIM 2172141005 PICTURES.pdf
Download (117kB)
8. NIM 2172141005 TABLES.pdf
Download (89kB)
9. NIM 2172141005 APPENDICES.pdf
Download (88kB)
10. NIM 2172141005 CHAPTER I.pdf
Download (404kB)
14. NIM 2172141005 CHAPTER V.pdf
Download (117kB)
15. NIM 2172141005 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (144kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses pembelajaran tari manduda dengan media pembelajaran berbasis E-Learning schoology untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPA 1 MAN 2 Model Medan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Schoology oleh Haniah, Teori hasil belajar oleh Benyamin Bloom. Materi tari manduda sejarah, fungsi, makna gerak, dan unsur pendukung pada tari manduda. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan desain one-group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 417 orang siswa, sedangkan yang menjadi sampel 18 orang dalam penelitian dikelas X IPA 1 MAN 2 Model Medan. Teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi, wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan adalah test soal berjumlah 20 yang sudah di uji validasi yang digunakan pada saat pretest dan posttest. Data hasil belajar siswa terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitasnya, dimana hasil yang didapat bahwa hasil data kelompok sampel homogen dan berdistribusi normal. Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji t dengan SPSS, berdasarkan tabel t dengan df = 17 dan = 0.05 menunjukan bahwa t hitung > t tabel yaitu 22.394 > 1.739 maka Ho ditolak dan Ha diterima atau terdapat perbedaan rata-rata antara hasil pretest siswa dan posttest siswa. Maka disimpulkan bahwa hasil pretest dan posttest mencapai peningkatan sebesar 19,67% terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran materi tari manduda dengan media e-learning schoology di kelas X IPA 1 MAN 2 Model Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Tari Manduda; E-Learning Schoology; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools M Music and Books on Music > ML Literature on music > ML3400 Dance music |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 27 May 2024 09:03 |
Last Modified: | 27 May 2024 09:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57929 |