Pakpahan, Yolanda Theressa Angelica (2022) Hubungan Gaya Belajar dan Motivasi Dengan Hasil Belajar Boga Dasar Siswa SMK Telkom 2 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5153142025 COVER.pdf
Download (181kB)
2. NIM. 5153142025 APPROVAL SHEET.pdf
Download (753kB)
3. NIM. 5153142025 ABSTRACT.pdf
Download (292kB)
4. NIM. 5153142025 PREFACE.pdf
Download (155kB)
5. NIM. 5153142025 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (154kB)
6. NIM. 5153142025 TABLES.pdf
Download (205kB)
7. NIM. 5153142025 APPENDICES.pdf
Download (128kB)
8. NIM. 5153142025 CHAPTER I.pdf
Download (380kB)
12. NIM. 5153142025 CHAPTER V.pdf
Download (290kB)
13. NIM. 5153142025 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (262kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Gaya belajar siswa; (2) Motivasi Belajar siswa; (3) Hasil belajar siswa pada pelajaran Boga Dasar; (4) Hubungan gaya belajar siswa dengan hasil belajar Boga Dasar; (5) Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar Boga Dasar; (6) Hubungan gaya belajar dan motivasi belajar siswa dengan hasil belajar Boga Dasar. Desain penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Lokasi penelitian di SMK Telkom 2 Medan. Waktu penelitian Juni-Agustus 2021. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Tata Boga. Pengambilan sampel secara Total Sampling, dengan jumlah 54 siswa. Teknik pengumpulan data pada Gaya Belajar dan Motivasi menggunakan angket dan tes pada Hasil Belajar. Teknik analisis data secara deskriptif data, uji kecenderungan, uji persyaratan analisis dengan uji normalitas dan uji linieritas, uji hipotesis dengan uji korelasi product moment, uji korelasi parsial dan uji korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kecenderungan gaya belajar siswa berada pada kategori cenderung tinggi sebesar 82 persen. Tingkat kecenderungan motivasi belajar siswa berada pada kategori cenderung cukup sebesar 66 persen. Tingkat kecenderungan hasil belajar Boga Dasar siswa berada pada kategori cenderung tinggi sebesar 94 persen. Hasil analisis uji korelasi parsial terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar dengan hasil belajar Boga Dasar dengan nilai korelasi parsial r_(y.x1.x2) = 0,714 dan nilai koefisiensi korelasi parsial thitung > ttabel (7,771 > 1,677). Hasil analisis uji korelasi parsial terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar Boga Dasar dengan nilai korelasi parsial r_(y.x2.x1) = 0,5 dan nilai koefisiensi korelasi parsial thitung > ttabel (3,909 > 1,677). Hasil analisis koefisiensi korelasi ganda terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar dan motivasi belajar dengan hasil belajar Boga Dasar dengan nilai korelasi ganda Ryx1x2 = 0,973 dan nilai koefisiensi korelasi ganda Fhitung > Ftabel (473 > 3,20). Artinya semakin tinggi gaya belajar dan motivasi belajar siswa maka semakin tinggi hasil belajar Boga Dasar siswa SMK Telkom 2 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Gaya Belajar; Motivasi; Hasil belajar; Boga dasar |
Subjects: | T Technology > TX Home economics > TX341 Nutrition. Foods and food supply T Technology > TX Home economics > TX642 Cooking |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 May 2024 08:49 |
Last Modified: | 27 May 2024 08:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57924 |