Halawa, Verlina (2022) Pengembangan Media Video Tutorial Pada Mata Pelajaran Bakery dan Pastry Siswa SMK Negeri 1 Beringin. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. Nim 5182142005 COVER.pdf
Download (141kB)
2. Nim 5182142005 APPROVAL SHEET.pdf
Download (534kB)
3. Nim 5182142005 ABSTRACT.pdf
Download (154kB)
4. Nim 5182142005 PREFACE.pdf
Download (230kB)
5. Nim 5182142005 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (155kB)
6. Nim 5182142005 TABLES.pdf
Download (127kB)
7. Nim 5182142005 ILLUSTRATIION.pdf
Download (127kB)
8. Nim 5182142005 APPENDICES.pdf
Download (127kB)
9. Nim 5182142005 CHAPTER I.pdf
Download (357kB)
13. Nim 5182142005 CHAPTER V.pdf
Download (126kB)
14. Nim 5182142005 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (233kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis kebutuhan guru dan siswa pada media video tutorial mata pelajaran Bakery dan Pastry; (2) Mengembangkan media video tutorial pada mata pelajaran Bakery dan Pastry; (3) Mengetahui kelayakan media video tutorial pada mata pelajaran Bakery dan Pastry menurut ahli materi dan ahli media. Tempat penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Beringin Kompetensi Keahlian Tata Boga, waktu penelitian Maret - Mei 2022. Sasaran produk yang dihasilkan yaitu media video tutorial pada mata pelajaran Bakery dan Pastry materi kue dari adonan cair, kue dari adonan pie, dan kue dari adonan sugar dough yang digunakan oleh guru dan siswa dan divalidasi oleh 2 orang ahli materi dan 1 orang ahli media. Teknik pengembangan yang digunakan Research And Development R&D model Borg & Gall yang di batasi menjadi 4 tahap, yaitu: (1) Potensi dan Masalah; (2) Pengumpulan data (3) Desain Media dan (4) Validasi Media. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ini, seluruh guru dan siswa membutuhkan media video tutorial pada mata pelajaran Bakery dan Pastry, masing-masing sebesar 100 persen. Media pembelajaran video tutorial pada mata pelajaran Bakery dan Pastry dapat disebarluaskan dan diimplementasikan kepada pengguna. persentase kelayakan media video tutorial menurut ahli materi sebesar 92,50 persen dengan kategori sangat layak dan menurut ahli media sebesar 87,00 persen dengan kategori sangat layak. Sehingga rerata penilaian ahli materi dan ahli media sebesar 89,75 persen termasuk kategori sangat layak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media video tutorial pada mata pelajaran Bakery dan Pastry yang dikembangkan dapat digunakan guru dan siswa pada mata pelajaran Bakery dan Pastry.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran; Video Tutorial; Bakery dan Pastry |
Subjects: | T Technology > TX Home economics > TX341 Nutrition. Foods and food supply T Technology > TX Home economics > TX642 Cooking |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 May 2024 08:46 |
Last Modified: | 27 May 2024 08:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57923 |