Pengembangan LKPD Berbasis Literasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Semester II Kelas V SDN 101867 Payagambar

Br Sembiring, Irawati (2023) Pengembangan LKPD Berbasis Literasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Semester II Kelas V SDN 101867 Payagambar. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8206182019_Cover.pdf] Text
8206182019_Cover.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of 8206182019_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8206182019_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (256kB)
[thumbnail of 8206182019_Abstrak.pdf] Text
8206182019_Abstrak.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of 8206182019_Kata_Pengantar.pdf] Text
8206182019_Kata_Pengantar.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of 8206182019_Daftar_Isi.pdf] Text
8206182019_Daftar_Isi.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of 8206182019_Daftar_Tabel.pdf] Text
8206182019_Daftar_Tabel.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of 8206182019_Daftar_Gambar.pdf] Text
8206182019_Daftar_Gambar.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 8206182019_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8206182019_Daftar_Lampiran.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 8206182019_BAB_I.pdf] Text
8206182019_BAB_I.pdf

Download (509kB)
[thumbnail of 8206182019_BAB_V.pdf] Text
8206182019_BAB_V.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of 8206182019_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8206182019_Daftar_Pustaka.pdf

Download (331kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang tersedianya LKPD yang mendukung kegiatan literasi guna meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Jenis penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan metode pengembangan model ADDIE. Pembahasan penelitian disesuaikan dengan prosedur penelitian dan pengembangan ADDIE yaitu : analyze, design,development, implementation, and evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 101867 Payagambar yang berjumlah 24 siswa. Penentuan tingkat kelayakan LKPD berdasarkan uji validasi para ahli dan uji coba kepada siswa melalui angket respon siswa. Keefektifan LKPD diperoleh dari hasil pretest dan posttest siswa kelas V. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa validasi ahli
materi sebesar 80% dengan kategori layak, validasi ahli bahasa sebesar 85.41% dengan kategori sangat layak, validasi ahli desain layout sebesar 90.47% dengan kategori sangat layak. Hasil persentase dari angket respon siswa sebesar 86.70 yang dikategorikan sangat layak, sehingga dapat dikatakan LKPD layak digunakan untuk siswa kelas V SD. Hasil pretest siswa mencapai rata-rata skor 69.3 dengan ketuntasan klasikal mencapai 42% dengan kategori tidak tuntas. Sedangkan hasil posttest setelah menggunakan LKPD mencapai rata-rata 84.50 dengan ketuntasan klasikal mencapai 100% dan dinyatakan tuntas. Berdasarkan nilai pretest dan posttest dapat dilihat nilai gainscore sebesar 0,51 dengan kategori efektifitas sedang. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan LKPD berbasis literasi untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi telah efektif digunakan siswa kelas V SDN 101867 Payagambar kecamatan Batang Kuis.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.4 Sem p
Keywords: Kemampuan berpikir tingkat tinggi, LKPD berbasis Literasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 27 May 2024 08:44
Last Modified: 27 May 2024 08:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57919

Actions (login required)

View Item
View Item