Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Guided Inquiry dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis siswa

Giawa, Indah mawati (2023) Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Guided Inquiry dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis siswa. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8216176006_Cover.pdf] Text
8216176006_Cover.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of 8216176006_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8216176006_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (702kB)
[thumbnail of 8216176006_Abstrak.pdf] Text
8216176006_Abstrak.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 8216176006_Kata_Pengantar.pdf] Text
8216176006_Kata_Pengantar.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of 8216176006_Daftar_Isi.pdf] Text
8216176006_Daftar_Isi.pdf

Download (291kB)
[thumbnail of 8216176006_Daftar_Tabel.pdf] Text
8216176006_Daftar_Tabel.pdf

Download (262kB)
[thumbnail of 8216176006_Daftar_Gambar.pdf] Text
8216176006_Daftar_Gambar.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 8216176006_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8216176006_Daftar_Lampiran.pdf

Download (57kB)
[thumbnail of 8216176006_BAB_I.pdf] Text
8216176006_BAB_I.pdf

Download (377kB)
[thumbnail of 8216176006_BAB_V.pdf] Text
8216176006_BAB_V.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 8216176006_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8216176006_Daftar_Pustaka.pdf

Download (327kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan, kepraktisan, keefektifan dan pengaruh pengembangan bahan ajar fisika berbasis guided inquiry dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester 2 jurusan MIA di SMA Swasta Dwitunggal Tanjung Morawa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research & Development (R&D), yaitu metode penelitian yang menghasikan sebuah produk dalam bidang keahlian tertentu. Tahapan perancangan pembelajaran dengan menggunakan model Borg and Gall. Penelitian menggunakan pendekatan dengan analisis secara kualitatif dan kuantitatif. instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data ada tiga yaitu angket yang digunakan untuk validasi bahan ajar oleh tim ahli materi dan desain, penilaian guru fiiska dan respon siswa terhadap bahan ajar berbasis guided inquiry. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa uji kelayakan bahan ajar oleh validator memperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 91,07%, persentase uji kepraktisan bahan ajar oleh validator sebesar 90,75% dengan kategori sangat praktis, persentase uji keefektifan bahan ajar oleh guru dan siswa sebesar 88,75% dengan kategori sangat efektif dan pengembangan bahan ajar berbasis guided inquiry berpengaruh pada peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.72 Gia p
Keywords: Pengembangan, Bahan Ajar, Guided Inquiry, Keterampilan Berpikir Kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 27 May 2024 08:35
Last Modified: 27 May 2024 08:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57913

Actions (login required)

View Item
View Item