Ndruru, Ignasius Ivan Kurnia (2023) Pengembangan Media Ajar Berbasis Modifikasi Alat Pada Permainan Tenis Meja Untuk Siswa Kelas VI SD Negeri Se-Kecamatan Patumbak Kabupaten Deli Serdang. Masters thesis, UNIMED.
8206117005_Cover.pdf
Download (61kB)
8206117005_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (464kB)
8206117005_Abstrak.pdf
Download (242kB)
8206117005_Kata_Pengantar.pdf
Download (382kB)
8206117005_Daftar_Isi.pdf
Download (364kB)
8206117005_Daftar_Tabel.pdf
Download (342kB)
8206117005_Daftar_Gambar.pdf
Download (345kB)
8206117005_Daftar_Lampiran.pdf
Download (367kB)
8206117005_BAB_I.pdf
Download (522kB)
8206117005_BAB_V.pdf
Download (255kB)
8206117005_Daftar_Pustaka.pdf
Download (397kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperkenalkan permainan bola kecil pada siswa sekolah dasar secara khusus pada permainan tenis meja dengan modifikasi alat berupa ukuran meja yang sesuai dengan tubuh anak sekolah SD. Secara khusus ada dua tujuan Antara lain: 1. Dengan modifikasi media alat tenis meja, diharapkan siswa sekolah dasar mampu meningkatkan hasil belajar dalam permainan tenis meja di tingkat sekolah dasar. 2. Dengan memperkenalkan tenis meja mini pada siswa sekolah dasar, diharapkan anak-anak bisa bermain tenis meja di sekolah SD. Hasil temuan peneliti dalam modifikasi produk ini ialah formula meminikan ukuran tenis meja menjadi 86% dari ukuran tenis meja standar. Metode penelitian ini adalah pengembangan. Populasi dari penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri Se-Kecamatan Patumbak Kabupaten Deli Serdang. Alat telah dirangkai kemudian divalidasi oleh 2 ahli. Uji coba awal lapangan berjumlah 10 orang siswa, uji coba skala besar berjumlah 30 orang. Media ajar berbasis modifikasi Alat pada permainan tenis meja telah divalidasi terdahulu oleh 1 ahli media dan 1 ahli materi yang memiliki latar belakang dari pendidikan olahraga. Hasil validasi penilaian angket ahli dinyatakan valid dan dapat digunakan dengan jumlah persentase dari ahli media diperoleh 83% dengan kategori (valid atau layak). Sedangkan nilai persentase dari ahli meteri diperoleh 80% dengan kategori (valid atau layak). Hasil penilaian instrumen angket yang diberikan pada siswa saat uji coba awal lapangan diketahui bahwa skor diperoleh sebesar 82% yang berada pada interval 80%-100% pada kategori valid. Hasil penilaian instrumen angket yang diberikan pada siswa saat uji coba skala besar diketahui bahwa skor diperoleh sebesar 83% yang berada pada interval 80%-100% pada kategori valid. Maka dapat dikatakan bahwa produk media ajar berbasis modifikasi alat pada permainan tenis meja memenuhi kriteria atau layak digunakan oleh siswa Sekolah SD sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 796.346 072 Ndr p |
Keywords: | Tenis Meja Mini, Media Ajar, Modifikasi. |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 27 May 2024 08:29 |
Last Modified: | 27 May 2024 08:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57911 |