Zubaidah, Siti (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Canva Pada Mata Kuliah Kue Dan Minuman Indonesia Di Universitas Negeri Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5161142018 COVER.pdf
Download (210kB)
2. NIM. 5161142018 APPROVAL SHEET.pdf
Download (698kB)
3. NIM. 5161142018 ABSTRACT.pdf
Download (227kB)
4. NIM. 5161142018 PREFACE.pdf
Download (289kB)
5. NIM. 5161142018 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (146kB)
6. NIM. 5161142018 TABLES.pdf
Download (196kB)
7. NIM. 5161142018 ILLUSTRATION.pdf
Download (120kB)
8. NIM. 5161142018 APPENDICES.pdf
Download (118kB)
9. NIM. 5161142018 CHAPTER I.pdf
Download (348kB)
13. NIM. 5161142018 CHAPTER V.pdf
Download (223kB)
14. NIM. 5161142018 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (255kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis kebutuhan mahasiswa dan dosen pada media pembelajaran berbasis Canva terhadap mata kuliah Kue dan Minuman Indonesia, (2) Mengembangkan media pembelajaran berbasis Canvapada mata kuliah Kue dan Minuman Indonesia, (3) Mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis Canvamenurut ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media pada mata kuliah Kue dan Minuman Indonesia. Tempat penelitian ini dilaksankan di Universitas Negeri Media pada bulan Agustus− Desember 2021. Sasaran produk yang dihasilkan yaitu media pembelajaran berbasis Canva pada mata kuliah Kue dan Minuman Indonesia yang digunakan oleh dosen dan mahasiswa dan divalidasikan oleh 3 orang ahli materi pembelajaran, 3 orang ahli media dan 1 orang ahli Bahasa untuk menilai kelayakan media. Teknik pengembangan yang digunakan Research and Development (R&D) model Borg & Gall yang dibatasi menjadi 5 tahap, yaitu: (1) Potensi dan masalah, (2) Mengumpulkan informasi, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Perbaikan desain. Pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ini, seluruh dosen dan mahasiswa membutuhkan media pembelajaran interaktif berbasis Canva, masing-masing sebesar 100 persen. Produk yang dihasilkan yaitu media pembelajaran interaktif berbasis Canvayang telah diuji kelayakannya menurut ahli materi, ahli media dan ahli Bahasa. Nilai rerata kelayakan materi menurut ahli materi sebesar 95,89 persen termasuk kategori sangat layak. Nilai rerata ahli media sebesar 98,03 persen termasuk kategori sangat layak dan nilai rerata menurut ahli bahasa sebesar 100 persen termasuk kategori sangat layak. Hasil penilaian rerata menurut ahli materi, ahli media dan ahli Bahasa termasuk kategori sangat layak dengan sebesar 97,97 persen. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajran berbasis Canva yang dikembangkan dapat digunakan dosen dan mahasiswa pada mata kuliah Kue dan Minuman Indonesia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran; Canva; Kue; Minuman Indonesia |
Subjects: | T Technology > TX Home economics > TX341 Nutrition. Foods and food supply T Technology > TX Home economics > TX642 Cooking |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 May 2024 08:06 |
Last Modified: | 27 May 2024 08:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57905 |