Pengembangan Media Pembelajaran Adobe Flash CS6 Mata Kuliah Dasar Boga Di Pendidikan Tata Boga Unimed

Prastika, Dwi Chindra (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Adobe Flash CS6 Mata Kuliah Dasar Boga Di Pendidikan Tata Boga Unimed. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5161142005 COVER.pdf] Text
1. NIM. 5161142005 COVER.pdf

Download (234kB)
[thumbnail of 2. NIM. 5161142005 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM. 5161142005 APPROVAL SHEET.pdf

Download (461kB)
[thumbnail of 3. NIM. 5161142005 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM. 5161142005 ABSTRACT.pdf

Download (365kB)
[thumbnail of 4. NIM. 5161142005 PREFACE.pdf] Text
4. NIM. 5161142005 PREFACE.pdf

Download (247kB)
[thumbnail of 5. NIM. 5161142005 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM. 5161142005 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (564kB)
[thumbnail of 6. NIM. 5161142005 TABLES.pdf] Text
6. NIM. 5161142005 TABLES.pdf

Download (439kB)
[thumbnail of 7. NIM. 5161142005 ILLUSTRATION.pdf] Text
7. NIM. 5161142005 ILLUSTRATION.pdf

Download (335kB)
[thumbnail of 8. NIM. 5161142005 APPENDICES.pdf] Text
8. NIM. 5161142005 APPENDICES.pdf

Download (334kB)
[thumbnail of 9 NIM. 5161142005 CHAPTER I.pdf] Text
9 NIM. 5161142005 CHAPTER I.pdf

Download (597kB)
[thumbnail of 9 NIM. 5161142005 CHAPTER I.pdf] Text
9 NIM. 5161142005 CHAPTER I.pdf

Download (597kB)
[thumbnail of 13 NIM. 5161142005 CHAPTER V.pdf] Text
13 NIM. 5161142005 CHAPTER V.pdf

Download (523kB)
[thumbnail of 14 NIM. 5161142005 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14 NIM. 5161142005 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (220kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis kebutuhan mahasiswa dan dosen pada media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flas CS6 pada mata kuliah Dasar Boga, (2) Mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash CS6 pada mata kuliah Dasar Boga, (3) Mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash CS6 menurut ahli materi, ahli media dan ahli bahasa pada mata kuliah Dasar Boga. Tempat penelitian di Program Studi Pendidikan Tata Boga Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan, waktu penelitian Januari – Maret 2021. Sasaran produk yang dihasilkan yaitu media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash CS6 pada mata kuliah Dasar Boga yang digunakan oleh dosen dan mahasiswa dan divalidasikan oleh 3 ahli materi, 3 ahli media dan 1 ahli bahasa untuk menilai kelayakan media. Teknik pengembangan yang digunakan Research and Development model Borg & Gall yang dibatasi menjadi 5 tahap, yaitu: (1) Potensi dan masalah, (2) mengumpulkan informasi, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Perbaikan desain. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data secara deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian ini, hasil analisis kebutuhan dosen dan mahasiswa menunjukkan bahwa seluruh dosen dan mahasiswa membutuhkan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash CS6, masing- masing skor ≥ 50 persen. Produk yang dihasilkan yaitu media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash CS6 yang telah diuji kelayakannya menurut ahli materi, ahli media dan ahli bahasa. Nilai rataan kelayakan materi menurut ahli materi sebesar 99 persen termasuk kategori sangat layak. Nilai rataan kelayakan media menurut ahli media sebesar 86 persen termasuk kategori sangat layak dan nilai rataan kelayakan bahasa menurut ahli bahasa sebesar 96 persen kategori sangat layak. Hasil kelayakan ahli materi, ahli media dan ahli bahasa dinyatakan sangat layak dengan presentase nilai rataan sebesar 94 persen. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash CS6 yang dikembangkan dapat digunakan dosen dan mahasiswa pada mata kuliah Dasar Boga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran; Adobe Flash CS6; Dasar Boga
Subjects: T Technology > TX Home economics > TX341 Nutrition. Foods and food supply
T Technology > TX Home economics > TX642 Cooking
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 27 May 2024 07:31
Last Modified: 27 May 2024 07:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57895

Actions (login required)

View Item
View Item