Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Interaktif Pada Tema 3 Subtema 3 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar

Batubara, Hakiki Annisa (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Interaktif Pada Tema 3 Subtema 3 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8214021012_Cover.pdf] Text
8214021012_Cover.pdf

Download (52kB)
[thumbnail of 8214021012_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8214021012_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (532kB)
[thumbnail of 8214021012_Abstrak.pdf] Text
8214021012_Abstrak.pdf

Download (70kB)
[thumbnail of 8214021012_Kata_Pengantar.pdf] Text
8214021012_Kata_Pengantar.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of 8214021012_Daftar_Isi.pdf] Text
8214021012_Daftar_Isi.pdf

Download (866kB)
[thumbnail of 8214021012_Daftar_Tabel.pdf] Text
8214021012_Daftar_Tabel.pdf

Download (41kB)
[thumbnail of 8214021012_Daftar_Gambar.pdf] Text
8214021012_Daftar_Gambar.pdf

Download (42kB)
[thumbnail of 8214021012_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8214021012_Daftar_Lampiran.pdf

Download (118kB)
[thumbnail of 8214021012_BAB_I.pdf] Text
8214021012_BAB_I.pdf

Download (365kB)
[thumbnail of 8214021012_BAB_V.pdf] Text
8214021012_BAB_V.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of 8214021012_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8214021012_Daftar_Pustaka.pdf

Download (261kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran yang merupakan alat bantu dan/atau sumber belajar dalam penyajian materi yang dapat menciptakan pengalaman belajar, merangsang siswa dalam proses pembelajaran serta menjadikan pembelajaran lebih efektif, efisien dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis i-Spring pada pembelajaran tematik di kelas III SD.Penelitian ini menggunakan model penelitian Research and Developtment (R&D) dengan mengikuti prosedur Thiagarajan (Model 4-D). Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di SD. Analisis data menggunakan (1) Uji kelayakan media dan materi yang telah memenuhi kriteria valid dan dan layak dengan hasil kelayakan materi 90 % dan hasil kelayakan media pembelajaran 88 %, (2) Uji coba pengembangan memperoleh hasil respon guru dan siswa dapat bernilai 89,86 % yang diperoleh melalui angket respon guru dan siswa. berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis i-Spring pada pembelajaran Tematik layak untuk digunakan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.33 Bat p
Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, Pembelajaran Tematik i- Spring
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 27 May 2024 06:30
Last Modified: 27 May 2024 06:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57879

Actions (login required)

View Item
View Item