Harahap, Ramadhani (2023) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLEPLAYING TERHADAP ETIKA SISWA KEPADA GURU DI KELAS VIII UPT SMP NEGERI 17 MEDAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
1191151017_Cover.pdf
Download (51kB)
1191151017_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (258kB)
1191151017_Abstrak.pdf
Download (134kB)
1191151017_Kata_Pengantar.pdf
Download (188kB)
1191151017_Daftar_Isi.pdf
Download (86kB)
1191151017_Daftar_Tabel.pdf
Download (32kB)
1191151017_Daftar_Gambar.pdf
Download (33kB)
1191151017_Daftar_Lampiran.pdf
Download (33kB)
1191151017_BAB_I.pdf
Download (401kB)
1191151017_BAB_V.pdf
Download (127kB)
1191151017_Daftar_Pustaka.pdf
Download (88kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing Terhadap Etika Siswa Kepada Guru Di Kelas VIII UPT SMP Negeri 17 Medan Tahun Ajaran 2023/2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Experimen). Subjek dalam penelitian ini adalah 8 orang siswa kelas VIII-7 UPT SMP negeri 17 Medan yang memiliki etika siswa terhadap guru yang rendah. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan skala angket etika siswa terhadap guru berjumlah 37 item pernyataan yang valid dan reliabel. Angket diberikan sebelum dan sesudah dilaksanakan bimbingan kelompok teknik role playing. Data skor rata-rata pre-test 82,5 dan skor rata-rata post-test 141,5 maka selisih skor rata-rata 59, serta mengalami kenaikan sebesar 42%. Data dianalisis dengan menggunakan uji Wilcoxon untuk melihat apakah ada perubahan positif dan signifikan pemberian bimbingan kelompok teknik role playing. Berdasarkan hasil perhitungan uji Wilcoxon jumlah jenjang bertanda positif = 5 dan jumlah jenjang bertanda negatif = 3. Jadi, nilai J = 16 yaitu berjumlah jenjang yang lebih besar. Dari table nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda wilcoson dengan n=8, α =0,05, maka diperoleh nilai Jtable = 4. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon diPeroleh hasil bahwa Jhitung > Jtabel dimana 16 > 4. Artinya bahwa Pemberian Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing berpengaruh dalam meningkatkan Etika Siswa Kelas VIII-7 terhadap Guru di UPT SMPN 17 Medan TA 2023/2024
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Bimbingan Kelompok, Teknik Role Playing, Etika Siswa Terhadap Guru |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF725 Class psychology B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics > BJ1725 Ethics of social groups, classes, etc. Professional ethics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 27 May 2024 09:06 |
Last Modified: | 27 May 2024 09:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57875 |