Sari, Henny (2023) Peran Kegiatan Kepramukaan Dalam Mempengaruhi Perilaku Prososial Siswa Kelas XI Di Sma Pelita Pematang Siantar Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
3193311015_Cover.pdf
Download (53kB)
3193311015_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (399kB)
3193311015_Abstrak.pdf
Download (111kB)
3193311015_Kata_Pengantar.pdf
Download (496kB)
3193311015_Daftar_Isi.pdf
Download (66kB)
3193311015_Daftar_Gambar.pdf
Download (32kB)
3193311015_Daftar_Tabel.pdf
Download (33kB)
3193311015_Daftar_Lampiran.pdf
Download (32kB)
3193311015_BAB_I.pdf
Download (439kB)
3193311015_BAB_V.pdf
Download (89kB)
3193311015_Daftar_Pustaka.pdf
Download (220kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kegiatan kepramukaan dalam mempengaruhi perilaku prososial siswa kelas XI di SMA Pelita Pematang Siantar. Lokasi penelitian bertempat di SMA Pelita Pematang Siantar, Jl. Melanton Siregar No.155, Kec. Siantar Marihat, Kota Pematang Siantar Prov. Sumatera Utara. Jenis penelitian yang digunakan dengan metode penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini informan yang digunakan adalah 5 orang, menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik wawancara dilakukan dengan terstruktur menggunakan pedoman wawancara dengan teknik analisis data yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil temuan diketahui bahwa kegiatan pramuka di SMA Pelita Pematang Siantar dilakukan secara rutin pada hari kamis. Kegiatan yang dilakukan berupa tali-temali, baris-berbaris, sandi morse, dan melihat arah menggunakan kompas dan peta. Selain kegiatan rutin kepramukaan juga disertai dengan upacara baik upacara pembukaan latihan dan penutupan yang disertai apel dengan melakukan pemanasan ringan. Relevansi hasil penelitian dengan pendidikan kewarganegaraan adalah nilai perilaku prososial dan kegiatan kepramukaan dengan nilai-nilai kewarganegaraan saling berhubungan. Kegiatan kepramukaan dan perilaku prososial adalah implementasi dari civic disposition atau watak kewarganegaraan yang mengedepankan kepentingan bersama diatas kepentingan pribadi. Kegiatan kepramukaan dapat membentuk perilaku prososial siswa dimana karakter yang terbentuk berupa karakter kerjasama, menolong, berbagi. Dengan begitu kegiatan kepramukaan berpengaruh dalam membentuk perilaku prososial siswa dan erat kaitannya dengan nilai-nilai pancasila.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kegiatan Keperamukaan; Perilaku Prososial |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 03 Jun 2024 07:14 |
Last Modified: | 03 Jun 2024 07:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57872 |