Nasution, Fina Mardiana (2023) Pemgembangan Bahan Ajar Teks Cerita Ulang Markusip Berbentuk Buku elektronik Flipbook Untuk Siswa Kelas XI MAN 1 Medan. Masters thesis, UNIMED.
8216192002_Cover.pdf
Download (61kB)
8216192002_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (237kB)
8216192002_Abstrak.pdf
Download (66kB)
8216192002_Kata_Pengantar.pdf
Download (249kB)
8216192002_Daftar_Isi.pdf
Download (95kB)
8216192002_Daftar_Tabel.pdf
Download (34kB)
8216192002_Daftar_Gambar.pdf
Download (35kB)
8216192002_Daftar_Lampiran.pdf
Download (34kB)
8216192002_BAB_I.pdf
Download (270kB)
8216192002_BAB_V.pdf
Download (117kB)
8216192002_Daftar_Pustaka.pdf
Download (155kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan membahas tentang 1) Proses awal hingga akhir pengembangan bahan ajar teks cerita ulang markusip berbentuk buku elektronik flipbook untuk siswa kelas XI, 2) Hasil validasi produk pengembangan bahan ajar teks cerita ulang markusip berbentuk buku elektronik flipbook untuk siswa kelas XI, 3) Produk pengembanganbahan ajar teks cerita ulang markusip berbentuk buku elektronik flipbook untuk siswa kelas XI, dan 4) Efektivitas produk pengembangan bahan ajar teks cerita ulang markusip berbentuk buku elektronik flipbook untuk siswa kelas XI. Penelitian ini menggunakan teori Borg dan Gall yang telah dimodifikasi, yakni penelitian dan pengumpulan informasi awal, kajian kompetensi inti, kompetensi dasar, dan indikator pembelajaran, pengembangan bahan ajar, validasi ahli, revisi produk, uji coba lapangan, dan revisi produk. Hasil validasi produk pengembangan bahan ajar teks cerita ulang budaya Tapsel berbentuk buku elektronik (e-book) dilakukan berdasarkan ahli materi dan ahli media.Validasi materi I bahan ajar diperoleh skor 82% (validasi I) dan skor 98% (validasi II) dan validasi materi II ajar diperoleh skor 82%. Sedangkan berdasarkan hasil validasi media I diperoleh skor 86% dan oleh validasi media II diperoleh skor 94%. Ektivitas produk pengembangan bahan ajar teks cerita ulang budaya Tapsel yang berbentuk buku elektronik (e-book), sangat efektif dalam meningkatan pemahaman siswa terhadap teks cerita ulang budaya Tapsel. Dikarenakan adanya penurunan 13% pada kategori sangat rendah, penurunan 13% pada kategori rendah, penurunan 12% pada kategori sedang,peningkatan 14% pada kategori tinggi, dan peningkatan 10% pada kategori sangat tinggi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 899.221 Nas p |
Keywords: | Bahan ajar, cerita ulang, markusip, Flipbook |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum P Language and Literature > PN Literature (General) P Language and Literature > PN Literature (General) > PN0441 Literary History |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 27 May 2024 05:52 |
Last Modified: | 27 May 2024 05:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57870 |