Pengaruh Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah-Berbasis Budaya Batak Terhadap Kemampuan Berpikir Komputasi Siswa Di SMP Advent 2 Medan

Marbun, Eliana Jenifer (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah-Berbasis Budaya Batak Terhadap Kemampuan Berpikir Komputasi Siswa Di SMP Advent 2 Medan. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8216172011_Cover.pdf] Text
8216172011_Cover.pdf

Download (44kB)
[thumbnail of 8216172011_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8216172011_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (394kB)
[thumbnail of 8216172011_Abstrak.pdf] Text
8216172011_Abstrak.pdf

Download (66kB)
[thumbnail of 8216172011_Daftar_Isi.pdf] Text
8216172011_Daftar_Isi.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of 8216172011_Daftar_Tabel.pdf] Text
8216172011_Daftar_Tabel.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of 8216172011_Daftar_Gambar.pdf] Text
8216172011_Daftar_Gambar.pdf

Download (53kB)
[thumbnail of 8216172011_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8216172011_Daftar_Lampiran.pdf

Download (53kB)
[thumbnail of 8216172011_BAB_I.pdf] Text
8216172011_BAB_I.pdf

Download (534kB)
[thumbnail of 8216172011_BAB_V.pdf] Text
8216172011_BAB_V.pdf

Download (172kB)
[thumbnail of 8216172011_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8216172011_Daftar_Pustaka.pdf

Download (219kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh berpikir komputasi siswa dengan model pembelajaran berdasarkan masalah-berbasis budaya Batak (PBM-B3) dengan konvensional). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Pembelajaran Berdasarkan Masalah-Berbasis Budaya Batak dengan subjek penelitian 46 orang siswa yang dipilih untuk ditetapkan menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dari kelas VIII di SMP Advent 2 Medan. Sampel dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir komputasi siswa padamateri sistempersamaan linear dua variabel (SPLDV). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan berpikir komputasi antara siswa yang diberi pembelajaran berdasarkan masalah berbasis budaya batak dengan siswa yang diberi model pembelajaran Direct Instruction. Secara deskriptif diperoleh rata-rata post test kelas eksperimen adalah 86,96, sedangkan kelas kontrol adalah 78,04. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata hasil tes kemampuan berpikir komputasi siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 11,92.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.72 Mar p
Keywords: Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah-Berbasis Budaya Batak, Kemampuan Berpikir Komputasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 27 May 2024 05:01
Last Modified: 27 May 2024 05:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57857

Actions (login required)

View Item
View Item