Pengembangan Media Pembelajaran Videoscribe Pada Mata Pelajaran Dasar Kecantikan Kulit Pada Siswa Kelas X SMK Swasta Pariwisata Imelda Medan

Widoretno, Ambar (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Videoscribe Pada Mata Pelajaran Dasar Kecantikan Kulit Pada Siswa Kelas X SMK Swasta Pariwisata Imelda Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 5143144001  COVER.pdf] Text
1. NIM 5143144001 COVER.pdf

Download (134kB)
[thumbnail of 2. NIM 5143144001  APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM 5143144001 APPROVAL SHEET.pdf

Download (289kB)
[thumbnail of 3. NIM 5143144001  ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM 5143144001 ABSTRACT.pdf

Download (226kB)
[thumbnail of 4. NIM 5143144001  PREFACE.pdf] Text
4. NIM 5143144001 PREFACE.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of 5. NIM 5143144001 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM 5143144001 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of 6. NIM 5143144001  ILLUSTRATION.pdf] Text
6. NIM 5143144001 ILLUSTRATION.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of 7. NIM 5143144001   TABLES.pdf] Text
7. NIM 5143144001 TABLES.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of 8. NIM 5143144001  APPENDICES.pdf] Text
8. NIM 5143144001 APPENDICES.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of 9. NIM 5143144001  CHPTER I.pdf] Text
9. NIM 5143144001 CHPTER I.pdf

Download (479kB)
[thumbnail of 13. NIM 5143144001  CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM 5143144001 CHAPTER V.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of 14. NIM 5143144001  BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM 5143144001 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (175kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan mengetahui
karaktersitik kelayakan media pembelajaran videoscribe pada mata pelajaran Dasar Kecantikan Kulit siswa kelas X Tata Kecantikan SMK Pariwisata Imelda Medan. Jenis penelitian yang diterapkan adalah penelitian pengembangan atau
Research and Development (R&D) dengan model pengembangan diadaptasi dari model ADDIE yang dibatasi menjadi 3 tahap pengembangan yakni 1) Analysis: analisis awal dan analisis kebutuhan, 2) Design (perencanaan): membuat story
board, 3) Develop: Pengembangan perangkat pembelajaran dan one to one tryal yang divalidasi oleh ahli media dan ahli materi, 4) Implement: melakukan uji coba
lapangan terhadap produk yang dikembangkan, 5) Evaluate: mengevaluasi kembali media pembelajaran untuk mengetahui perlu atau tidak diadakan revisi kembali. Instrumen pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan
angket/kuesioner.

Hasil penelitian ini berupa media pembelajaran berbasis videoscribe yang layak pada mata pelajaran Dasar Kecantikan Kulit materi rias wajah sehari-hari.
Dengan tingkat kelayakan media pembelajaran dari ahli media sangat layak dengan persentase skor 92,39% berdasarkan aspek sebagai berikut: skor kelayakan isi 91,11%, aspek penyajian memperoleh skor 92%, dan kelayakan presentasi memperoleh skor 93,33%. Sedangkan rata-rata tingkat kelayakan ahli materi juga sangat layak dengan presentase skor 87,55% berdasarkan aspek sebagai berikut: skor kelayakan isi 87,11%, aspek penyajian memperoleh skor 84,44%, dan kebahasaan memperoleh skor 91,10%. Dan hasil dari analisis data respon peserta didik mendapat nilai persentase sebesar 84,57% dengan kriteria “sangat baik”. Dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa media pembelajaran Videoscribe yang dikembangkan peneliti mendapat kelayakan dari tim ahli dan sangat baik berdasarkan respon peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan Media; Videoscribe; Dasar Kecantikan Kulit
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology
T Technology > T Technology (General) > T61 Technical education. Technical schools
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias
Depositing User: Mrs Susiani Susiani
Date Deposited: 27 May 2024 04:39
Last Modified: 27 May 2024 04:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57839

Actions (login required)

View Item
View Item