Widoretno, Ambar (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Videoscribe Pada Mata Pelajaran Dasar Kecantikan Kulit Pada Siswa Kelas X SMK Swasta Pariwisata Imelda Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5143144001 COVER.pdf
Download (134kB)
2. NIM 5143144001 APPROVAL SHEET.pdf
Download (289kB)
3. NIM 5143144001 ABSTRACT.pdf
Download (226kB)
4. NIM 5143144001 PREFACE.pdf
Download (224kB)
5. NIM 5143144001 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (148kB)
6. NIM 5143144001 ILLUSTRATION.pdf
Download (147kB)
7. NIM 5143144001 TABLES.pdf
Download (121kB)
8. NIM 5143144001 APPENDICES.pdf
Download (119kB)
9. NIM 5143144001 CHPTER I.pdf
Download (479kB)
13. NIM 5143144001 CHAPTER V.pdf
Download (224kB)
14. NIM 5143144001 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (175kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan mengetahui
karaktersitik kelayakan media pembelajaran videoscribe pada mata pelajaran Dasar Kecantikan Kulit siswa kelas X Tata Kecantikan SMK Pariwisata Imelda Medan. Jenis penelitian yang diterapkan adalah penelitian pengembangan atau
Research and Development (R&D) dengan model pengembangan diadaptasi dari model ADDIE yang dibatasi menjadi 3 tahap pengembangan yakni 1) Analysis: analisis awal dan analisis kebutuhan, 2) Design (perencanaan): membuat story
board, 3) Develop: Pengembangan perangkat pembelajaran dan one to one tryal yang divalidasi oleh ahli media dan ahli materi, 4) Implement: melakukan uji coba
lapangan terhadap produk yang dikembangkan, 5) Evaluate: mengevaluasi kembali media pembelajaran untuk mengetahui perlu atau tidak diadakan revisi kembali. Instrumen pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan
angket/kuesioner.
Hasil penelitian ini berupa media pembelajaran berbasis videoscribe yang layak pada mata pelajaran Dasar Kecantikan Kulit materi rias wajah sehari-hari.
Dengan tingkat kelayakan media pembelajaran dari ahli media sangat layak dengan persentase skor 92,39% berdasarkan aspek sebagai berikut: skor kelayakan isi 91,11%, aspek penyajian memperoleh skor 92%, dan kelayakan presentasi memperoleh skor 93,33%. Sedangkan rata-rata tingkat kelayakan ahli materi juga sangat layak dengan presentase skor 87,55% berdasarkan aspek sebagai berikut: skor kelayakan isi 87,11%, aspek penyajian memperoleh skor 84,44%, dan kebahasaan memperoleh skor 91,10%. Dan hasil dari analisis data respon peserta didik mendapat nilai persentase sebesar 84,57% dengan kriteria “sangat baik”. Dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa media pembelajaran Videoscribe yang dikembangkan peneliti mendapat kelayakan dari tim ahli dan sangat baik berdasarkan respon peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan Media; Videoscribe; Dasar Kecantikan Kulit |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology T Technology > T Technology (General) > T61 Technical education. Technical schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Mrs Susiani Susiani |
Date Deposited: | 27 May 2024 04:39 |
Last Modified: | 27 May 2024 04:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57839 |