PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA KELAS XI IPS 3 DI SMA NEGERI 14 MEDAN TAHUN AJARAN 2022/2023

Fiana, Nirma (2024) PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA KELAS XI IPS 3 DI SMA NEGERI 14 MEDAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1193351021_Cover.pdf] Text
1193351021_Cover.pdf

Download (51kB)
[thumbnail of 1193351021_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193351021_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (364kB)
[thumbnail of 1193351021_Abstrak.pdf] Text
1193351021_Abstrak.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 1193351021_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193351021_Kata_Pengantar.pdf

Download (291kB)
[thumbnail of 1193351021_Daftar_Isi.pdf] Text
1193351021_Daftar_Isi.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of 1193351021_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193351021_Daftar_Tabel.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1193351021_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193351021_Daftar_Gambar.pdf

Download (108kB)
[thumbnail of 1193351021_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193351021_Daftar_Lampiran.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 1193351021_BAB_I.pdf] Text
1193351021_BAB_I.pdf

Download (342kB)
[thumbnail of 1193351021_BAB_V.pdf] Text
1193351021_BAB_V.pdf

Download (230kB)
[thumbnail of 1193351021_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193351021_Daftar_Pustaka.pdf

Download (163kB)

Abstract

Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok dengan teknik self management terhadap kemandirian belajar siswa kelas XI IPS 3 di SMA Negeri 14 Medan Tahun Ajaran 2022/2023.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian ini eksperimen semu dengan pre-test dan post-test design. Subjek dalam penelitian ini adalah 8 orang siswa kelas XI IPS 3 memiliki skor kemandirian belajar yang rendah. Data penelitian ini dikumpulkan dengan instrumen kemandirian belajar berjumlah 40 item pernyataan yang telah valid dan reliabel. Instrumen diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan teknik self management.Data dianalisis menggunakan uji wilcoxon untuk melihat apakah ada pengaruh signifikan pemberian layanan konseling kelompok dengan teknik self management terhadap kemandirian belajar. Data hasil perhitungan skor pre-test diperoleh rata-rata= 73,75 sedangkan skor post-test 137. Maka hasil uji jenjang wilcoxon diperoleh jhitung 17 sedangkan jtabel 4. Maka hasil uji jenjang wilcoxon diperoleh jhitung= 17 sedangkan jtabel=4. Dari tabel nilai kritis j untuk uji jenjang bertanda wilcoxon untuk n = 8 , α = 0,05 sesuai dengan kriteria penerimaan dan penolakan hipotesis, hipotesis diterima jika jhitung > jtabel dimana 17>4, artimya hipotesis diterima. Hal ini menunjukkan ada pengaruh pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik self management terhadap kemandirian belajar Pada Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 14 Medan Tahun Ajaran 2022/2023

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Layanan Konseling Kelompok , Teknik Self Management , Kemandirian Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF636 Applied psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF725 Class psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 27 May 2024 03:15
Last Modified: 27 May 2024 05:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57810

Actions (login required)

View Item
View Item