Fiana, Nirma (2024) PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA KELAS XI IPS 3 DI SMA NEGERI 14 MEDAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.
1193351021_Cover.pdf
Download (51kB)
1193351021_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (364kB)
1193351021_Abstrak.pdf
Download (209kB)
1193351021_Kata_Pengantar.pdf
Download (291kB)
1193351021_Daftar_Isi.pdf
Download (89kB)
1193351021_Daftar_Tabel.pdf
Download (110kB)
1193351021_Daftar_Gambar.pdf
Download (108kB)
1193351021_Daftar_Lampiran.pdf
Download (111kB)
1193351021_BAB_I.pdf
Download (342kB)
1193351021_BAB_V.pdf
Download (230kB)
1193351021_Daftar_Pustaka.pdf
Download (163kB)
Abstract
Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok dengan teknik self management terhadap kemandirian belajar siswa kelas XI IPS 3 di SMA Negeri 14 Medan Tahun Ajaran 2022/2023.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian ini eksperimen semu dengan pre-test dan post-test design. Subjek dalam penelitian ini adalah 8 orang siswa kelas XI IPS 3 memiliki skor kemandirian belajar yang rendah. Data penelitian ini dikumpulkan dengan instrumen kemandirian belajar berjumlah 40 item pernyataan yang telah valid dan reliabel. Instrumen diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan teknik self management.Data dianalisis menggunakan uji wilcoxon untuk melihat apakah ada pengaruh signifikan pemberian layanan konseling kelompok dengan teknik self management terhadap kemandirian belajar. Data hasil perhitungan skor pre-test diperoleh rata-rata= 73,75 sedangkan skor post-test 137. Maka hasil uji jenjang wilcoxon diperoleh jhitung 17 sedangkan jtabel 4. Maka hasil uji jenjang wilcoxon diperoleh jhitung= 17 sedangkan jtabel=4. Dari tabel nilai kritis j untuk uji jenjang bertanda wilcoxon untuk n = 8 , α = 0,05 sesuai dengan kriteria penerimaan dan penolakan hipotesis, hipotesis diterima jika jhitung > jtabel dimana 17>4, artimya hipotesis diterima. Hal ini menunjukkan ada pengaruh pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik self management terhadap kemandirian belajar Pada Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 14 Medan Tahun Ajaran 2022/2023
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Layanan Konseling Kelompok , Teknik Self Management , Kemandirian Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF636 Applied psychology B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF725 Class psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 27 May 2024 03:15 |
Last Modified: | 27 May 2024 05:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57810 |