Analisis Pemenuhan Kebutuhan Pendidikan pada Keluarga Miskin Perkotaan di Kelurahan Belawan II Medan Belawan

Anggreni, Aisyah (2023) Analisis Pemenuhan Kebutuhan Pendidikan pada Keluarga Miskin Perkotaan di Kelurahan Belawan II Medan Belawan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1192171005_Cover.pdf] Text
1192171005_Cover.pdf

Download (47kB)
[thumbnail of 1192171005_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1192171005_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (562kB)
[thumbnail of 1192171005_Abstrak.pdf] Text
1192171005_Abstrak.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of 1192171005_Kata_Pengantar.pdf] Text
1192171005_Kata_Pengantar.pdf

Download (432kB)
[thumbnail of 1192171005_Daftar_Isi.pdf] Text
1192171005_Daftar_Isi.pdf

Download (221kB)
[thumbnail of 1192171005_Daftar_Gambar.pdf] Text
1192171005_Daftar_Gambar.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of 1192171005_Daftar_Tabel.pdf] Text
1192171005_Daftar_Tabel.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of 1192171005_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1192171005_Daftar_Lampiran.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of 1192171005_BAB_I.pdf] Text
1192171005_BAB_I.pdf

Download (413kB)
[thumbnail of 1192171005_BAB_V.pdf] Text
1192171005_BAB_V.pdf

Download (244kB)

Abstract

Salah satu ciri kemiskinan adalah ketidakmampuan memenuhi kebutuhan pendidikan. Berdasarkan UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003 terdapat tiga jalur pendidikan yang diakui di Indonesia diantaranya pendidikan formal, nonformal, dan informal. Hakikatnya, tingkat pendidikan formal dan nonformal keluarga miskin tergolong rendah. Akan tetapi, di Kelurahan Belawan II masih ada keluarga miskin yang berupaya memenuhi kebutuhan pendidikannya. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pemenuhan kebutuhan pendidikan pada keluarga miskin perkotaan di Kelurahan Belawan II. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian kualitatif ini menggunakan observasi dan wawancara mendalam. Teknik analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Keabsahan dalam penelitian ini menggunakan uji kreadibilitas, uji transferbility, uji dependability, serta uji konfirmability. Hasil penelitian menunjukkan deskripsi tiga jalur pendidikan yang dipenuhi oleh keluarga miskin perkotaan. Tidak dapat dipungkiri keluarga miskin mampu menempuh pendidikan formal sampai di jenjang pendidikan menengah, mengikuti kegiatan pendidikan nonformal walaupun masih dinomorduakan, dan lebih cenderung memenuhi kebutuhan pendidikannya melalui pendidikan informal. Untuk itu hendaknya didalam keluarga dapat mempertahankan pentingnya pendidikan, dan bukan hanya memperhatikan pendidikan formal dan informal tetapi juga meningkatkan keikutsertaan dalam pendidikan nonformal yang memfasilitasi segala usia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kebutuhan Pendidikan; Keluarga Miskin
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education > LC37 Home education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 27 May 2024 03:21
Last Modified: 27 May 2024 03:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57798

Actions (login required)

View Item
View Item