BR SIJABAT, VIONA SASTICA (2023) PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN KEPEGAWAIAN DI SMKS PAB 2 HELVETIA T.P 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7193144003_Cover.pdf
Download (391kB)
7193144003_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (3MB)
7193144003_Kata_Pengantar.pdf
Download (640kB)
7193144003_Abstrak.pdf
Download (671kB)
7193144003_Daftar_Isi.pdf
Download (510kB)
7193144003_Daftar_Tabel.pdf
Download (482kB)
7193144003_Daftar_Gambar.pdf
Download (456kB)
7193144003_Daftar_Lampiran.pdf
Download (456kB)
7193144003_BAB_I.pdf
Download (1MB)
7193144003_BAB_V.pdf
Download (665kB)
7193144003_Daftar_Pustaka.pdf
Download (623kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu agar mengetahui pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Kepegawaian Di SMKS PAB 2 Helvetia T.P 2022/2023. Jenis penelitian ini yakni ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini ialah peserta didik kelas XI OTKP SMKS PAB 2 Helvetia Tahun Ajaran 2022/2023 dengan jumlah 79 siswa dari 3 kelas, untuk pengambilan sampel digunakan teknik total sampling yang diambil seluruh siswa dari setiap kelas. Teknik pengumpulan data yakni observasi, dokumentasi, kuesioner serta wawancara. Teknik analisis data diantaranya analisis regresi linear berganda dan agar menjawab kebenaran hipotesis digunakan uji-t, uji-F serta uji R2 dengan pengolahan data menggunakan bantuan SPSS Versi 25.00.
Melalui hasil analisis data ditemukan persamaan regresi linear berganda Y = 2.197 + 0,828X1 + 0,219X2 selanjutnya hasil penelitian menggambarkan hasil uji parsial (uji-t). Kompetensi Pedagogik Guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Siswa dengan nilai thitung>ttabel (8.339> 1.664) untuk nilai signifikan 0,000 < 0,05. Terdapat pengaruh yang positif serta signifikan antara Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa dengan thitung>ttabel (2.667 > 1.664) untuk nilai signifikan 0,009 < 0,05. Secara simultan (uji-F) pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Minat Belajar terdapat pengaruh yang positif serta signifikan terhadap Prestasi Belajar Siswa dengan Fhitung>Ftabel (41.641 > 3,12), nilai koefisien determinasi (R2) yaitu 0,523 dapat disimpulkan sumbangan pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa yaitu 52,3% dan sisanya dipengaruhi variabel lain di luar penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kompetensi Pedagogik Guru, Minat Belajar dan Prestasi Belajar Siswa |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 01 Jun 2024 04:29 |
Last Modified: | 01 Jun 2024 04:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57751 |