PUTRI, SYAHIDAH AULIA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR KORESPONDENSI KELAS X JURUSAN OTOMATISASI DAN TATA KELOLA PERKANTORAN (OTKP) SMKS BUDISATRYA MEDAN T. A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7191144003_Cover.pdf
Download (64kB)
7191144003_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (335kB)
7191144003_Kata_Pengantar.pdf
Download (199kB)
7191144003_Abstrak.pdf
Download (88kB)
7191144003_Daftar_Isi.pdf
Download (165kB)
7191144003_Daftar_Tabel.pdf
Download (57kB)
7191144003_Daftar_Gambar.pdf
Download (56kB)
7191144003_Daftar_Lampiran.pdf
Download (57kB)
7191144003_BAB_I.pdf
Download (338kB)
7191144003_BAB_V.pdf
Download (88kB)
7191144003_Daftar_Pustaka.pdf
Download (150kB)
Abstract
Populasi pada penelitian ini kelas X SMKS Budisatrya Medan yang berjumlah 24 orang. Teknik pengambilan data menggunakan sampling jenuh adalah metode pengambilan sampel yang menggunakan seluruh populasi sebagai sampel, atau individu yang disebutkan, yang siswanya kurang dari 30 dengan jumlah keseluruhan. Instrument yang digunakan pada hasil belajar siswa tes berbentuk pilihan berganda yang dimana terdiri dari 20 soal. Tes dilakukan sebanyak 2 kali yang pertama (Pretest) dan diakhir (Posttest) pada penelitian. Sebelum tes diberikan kepada sampel penelitian, maka tes diuji coba terlebih dahulu di SMKS Budisatrya Medan namun dikelas yang berbeda sebanyak 25 soal. Hal ini untuk menguji validitas, reabilitas,daya pembeda soal, dan tingkat kesukaran soal. Teknik analisis data sebelumnya dilakukan pengujian hipotesis terlebih dahulu dan juga dilakukan uji persyaratan data. Dalam hal ini dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas data.
Hasil belajar siswa pada mata pelajaran korespondensi yang diajarkan untuk mengetahui pengaruh antara Model Pembelajaran Discovery Learning dan Project Based Learning (PjBL) memiliki skor rata-rata bahwa sebelum melakukan perlakuan belajar pada kelas eksperimen dengan model pembelajaran Discovery Learning dan Project Based Learning (PjBL) diperoleh nilai sebesar 43,92. Dan setelah melakukan selanjutnya post-test dengan model pembelajaran Discovery Learning dan Project Based Learning diperoleh nilai sebesar 51,42. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar korespondensi yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) memiliki nilai yang lebih tinggi dari pada hasil belajar yang diajarkan model pembelajaran Discovery Learning. mengetahui hipotesis perhitungan yang sudah dilakukan sesuai dengan rumus bahwa thitung> ttabel dengan nilai (3,3351> 2,477).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Discovery Learning dan Project Based Learning (PjBL). |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 29 May 2024 02:24 |
Last Modified: | 29 May 2024 02:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57737 |