BR TARIGAN, SUSI APRIANTI (2023) PENGARUH PUNISHMENT DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 1 KABANJAHE. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7192442010_Cover.pdf
Download (63kB)
7192442010_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (337kB)
7192442010_Kata_Pengantar.pdf
Download (267kB)
7192442010_Abstrak.pdf
Download (66kB)
7192442010_Daftar_Isi.pdf
Download (143kB)
7192442010_Daftar_Tabel.pdf
Download (56kB)
7192442010_Daftar_Gambar.pdf
Download (53kB)
7192442010_Daftar_Lampiran.pdf
Download (35kB)
7192442010_BAB_I.pdf
Download (275kB)
7192442010_BAB_V.pdf
Download (91kB)
7192442010_Daftar_Pustaka.pdf
Download (125kB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya disiplin belajar pada siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Kabanjahe. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh punishment dan motivasi belajar terhadap disiplin belajar siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Kabanjahe; (2) pengaruh punishment terhadap disiplin belajar siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Kabanjahe; (3) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap disiplin belajar siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Kabanjahe; Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kabanjahe. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Kabanjahe yang berjumlah 55 siswa dan sampel sebanyak 55 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah menggunakan kuesioner. Kuesioner ini terdiri dari 15 pernyataa dengan skala likert 4 poin, 4 pernyataan untuk punishment, 6 pernyataan untuk motivasi belajar, dan 5 pernyataan untuk disiplin belajar siswa. Kuesioner ini diuji terlebih dahulu untuk melihat tingkat validitas dan reabilitas. Kemudian data yan terkumpul diolah dengan menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS versi 26.
Dari hasil analisis regresi linear berganda diperoleh nilai Y = 5.183 + 0,588X1 + 0,110X2 + e. Berdasarkan pengujian hipotesis, punishment dan motivasi belajar berpengaruh terhadap disiplin belajar siswa dengan nilai Fhitung > Ftabel (33.542 > 3,18) dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Hasil pengujian hipotesis secara parsial punishment berpengaruh terhadap disiplin belajar dengan nilai thitung > ttabel (6,042> 1,67) dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Motivasi belajar juga berpengaruh terhadap disiplin belajar dengan nilai thitung > ttabel (2,517 > 1,67) dan nilai signifikan sebesar 0,015 <0,05. Dengan besarnya pengaruh kedua variabel bebas tersebut adalah 54,7%, sedangkan sisanya 45,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Punishment, Motivasi Belajar, Disiplin Belajar Siswa |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 30 May 2024 00:51 |
Last Modified: | 30 May 2024 00:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57735 |