LUBIS, SITI CHAIRANI (2023) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL EFIKASI DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP RESILIENSI AKADEMIK MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI STAMBUK 2020 DI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7192441016_Cover.pdf
Download (347kB)
7192441016_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (272kB)
7192441016_Kata_Pengantar.pdf
Download (661kB)
7192441016_Abstrak.pdf
Download (606kB)
7192441016_Daftar_Isi.pdf
Download (539kB)
7192441016_Daftar_Tabel.pdf
Download (524kB)
7192441016_Daftar_Gambar.pdf
Download (418kB)
7192441016_Daftar_Lampiran.pdf
Download (418kB)
7192441016_BAB_I.pdf
Download (1MB)
7192441016_BAB_V.pdf
Download (587kB)
7192441016_Daftar_Pustaka.pdf
Download (585kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kecerdasan Emosional Efikasi Diri dan Dukungan Sosial terhadap Resiliensi Akademik Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Stambuk 2020 di Universitas Negeri Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Penelitian ini menggunakan total sampling dengan jumlah populasi sebesar 83 orang. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket dalam bentuk skala likert. Pengujian validitas instrumen penelitian dilakukan dengan perumusan Product Moment sedangkan pengujian reliabilitas dengan menggunakan nilai Cronbach Alpha. Kemudian, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linear berganda dengan teknik pengujian hipotesis berupa hipotesis secara parsial dan simultan. Kemudian, dalam penelitian ini digunakan uji koefisien determinasi (R2) untuk mengukur kontribusi variabel bebas terhadap variabel terikat.
Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini dapat terlihat dari perolehan data statistic dimana terbukti bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel kecerdasan emosional, efikasi diri, dan dukungan sosial terhadap resiliensi akademik. Adapun perolehan persamaan regresinya yaitu Y = 0,067 + 0,372 + 0,316 + 0,314. Hasil pengujian hipotesis diperoleh secara parsial dan simultan. Pertama, secara parsial diperoleh nilai thitung sebesar 4,291 > ttabel 1,9896 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 untuk variabel Kecerdasan Emosional (X1). Kedua, secara parsial diperoleh nilai thitung sebesar 3,770 > ttabel 1,9896 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 untuk variabel Efikasi Diri (X2). Ketiga, secara parsial diperoleh nilai thitung sebesar 3,524 > ttabel 1,9896 dan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05 untuk variabel Dukungan Sosial (X3).Kemudian pada pengujian hipotesis secara simultan diperoleh nilai Fhitung sebesar 345,790 > Ftabel 2,72 dan nilai signifikan sebesar 0.000 < 0.05. Kemudian, pada uji koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai (R Square) sebesar 0.929. Hal ini berarti bahwa kecerdasan emosional, efikasi diri dan dukungan sosial secara bersamaan memberikan kontribusi terhadap resiliensi akademik sebesar 92,9% dan sisanya sebesar 7,1% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kecerdasan Emosional, Efikasi Diri, Dukungan Sosial, Resiliensi Akademik |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 28 May 2024 00:47 |
Last Modified: | 28 May 2024 00:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57656 |