PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL EFIKASI DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP RESILIENSI AKADEMIK MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI STAMBUK 2020 DI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

LUBIS, SITI CHAIRANI (2023) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL EFIKASI DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP RESILIENSI AKADEMIK MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI STAMBUK 2020 DI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 7192441016_Cover.pdf] Text
7192441016_Cover.pdf

Download (347kB)
[thumbnail of 7192441016_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7192441016_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (272kB)
[thumbnail of 7192441016_Kata_Pengantar.pdf] Text
7192441016_Kata_Pengantar.pdf

Download (661kB)
[thumbnail of 7192441016_Abstrak.pdf] Text
7192441016_Abstrak.pdf

Download (606kB)
[thumbnail of 7192441016_Daftar_Isi.pdf] Text
7192441016_Daftar_Isi.pdf

Download (539kB)
[thumbnail of 7192441016_Daftar_Tabel.pdf] Text
7192441016_Daftar_Tabel.pdf

Download (524kB)
[thumbnail of 7192441016_Daftar_Gambar.pdf] Text
7192441016_Daftar_Gambar.pdf

Download (418kB)
[thumbnail of 7192441016_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7192441016_Daftar_Lampiran.pdf

Download (418kB)
[thumbnail of 7192441016_BAB_I.pdf] Text
7192441016_BAB_I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7192441016_BAB_V.pdf] Text
7192441016_BAB_V.pdf

Download (587kB)
[thumbnail of 7192441016_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7192441016_Daftar_Pustaka.pdf

Download (585kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kecerdasan Emosional Efikasi Diri dan Dukungan Sosial terhadap Resiliensi Akademik Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Stambuk 2020 di Universitas Negeri Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Penelitian ini menggunakan total sampling dengan jumlah populasi sebesar 83 orang. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket dalam bentuk skala likert. Pengujian validitas instrumen penelitian dilakukan dengan perumusan Product Moment sedangkan pengujian reliabilitas dengan menggunakan nilai Cronbach Alpha. Kemudian, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linear berganda dengan teknik pengujian hipotesis berupa hipotesis secara parsial dan simultan. Kemudian, dalam penelitian ini digunakan uji koefisien determinasi (R2) untuk mengukur kontribusi variabel bebas terhadap variabel terikat.
Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini dapat terlihat dari perolehan data statistic dimana terbukti bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel kecerdasan emosional, efikasi diri, dan dukungan sosial terhadap resiliensi akademik. Adapun perolehan persamaan regresinya yaitu Y = 0,067 + 0,372 + 0,316 + 0,314. Hasil pengujian hipotesis diperoleh secara parsial dan simultan. Pertama, secara parsial diperoleh nilai thitung sebesar 4,291 > ttabel 1,9896 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 untuk variabel Kecerdasan Emosional (X1). Kedua, secara parsial diperoleh nilai thitung sebesar 3,770 > ttabel 1,9896 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 untuk variabel Efikasi Diri (X2). Ketiga, secara parsial diperoleh nilai thitung sebesar 3,524 > ttabel 1,9896 dan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05 untuk variabel Dukungan Sosial (X3).Kemudian pada pengujian hipotesis secara simultan diperoleh nilai Fhitung sebesar 345,790 > Ftabel 2,72 dan nilai signifikan sebesar 0.000 < 0.05. Kemudian, pada uji koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai (R Square) sebesar 0.929. Hal ini berarti bahwa kecerdasan emosional, efikasi diri dan dukungan sosial secara bersamaan memberikan kontribusi terhadap resiliensi akademik sebesar 92,9% dan sisanya sebesar 7,1% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kecerdasan Emosional, Efikasi Diri, Dukungan Sosial, Resiliensi Akademik
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 28 May 2024 00:47
Last Modified: 28 May 2024 00:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57656

Actions (login required)

View Item
View Item